Kompas TV regional berita daerah

Pemerintah Akan Relokasi Rumah Warga Terdampak Longsor

Kompas.tv - 24 November 2021, 18:36 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

PONOROGO, KOMPAS.TV - Bupati Ponorogo berjanji akan merelokasi puluhan warga terdampak longsor.  Selain merusak ladang dan memutus 3 jalan desa, longsor susulan juga mengancam permukiman warga. Kini pemerintah daerah tengah merancang formula relokasi permukiman ke tempat yang aman.

Bencana tanah longsor yang menerjang dusun tugu nongko desa tugu rejo kecamatan slahung ponorogo yang terjadi pada Jumat dan Sabtu lalu. Bencana ini selain memutus 3 jalan desa, juga merusak perkebunan dan mengancam setidaknya 9 rumah warga,  dengan jumlah 31 jiwa. Beruntung, saat peristiwa terjadi, seluruh warga berhasil menyelamatkan diri ke pengungsian.

Atas bencana ini, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mendatangi para pengungsi, meminta warga untuk mau direlokasi ke tempat yang lebih aman,  demi keselamatan jiwa mereka. Namun,  sejumlah warga masih enggan berpindah dari rumah mereka meski bahaya mengancam.

Kini, Pemerintah Daerah Ponorogo tengah membahas formula relokasi dengan penggantian tanah aset Desa Tugurejo, menjadi permukiman warga terdampak. Termasuk pemda tengah membahas tinjauan hukum relokasi ini.

Sementara, sejumlah warga yang trauma dengan bencana ini, juga bersedia jika harus relokasi ke tempat yang lebih aman. Meskipun sebagian lain masih enggan.

Hari ke 4 pasca longsor yang menerjang, material longsor belum dibersihkan. 3 jalan desa yang putus akibat longsor ini juga membuat warga setempat masih terisolasi, terpaksa memutar hingga 7 kilometer.

#beritaponorogo
#bencana
#longsor
#tanahlongsor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x