Kompas TV nasional sosok

Kisah Politikus DPR Penuh Teladan dan Jenderal Bintang Empat yang Sederhana

Rabu, 24 November 2021 | 15:48 WIB
kisah-politikus-dpr-penuh-teladan-dan-jenderal-bintang-empat-yang-sederhana
Ketua MPR/DPR 1971-1977 Idham Chalid (kiri) dan Panglima TNI 1978-1983 Jenderal M Jusuf (Sumber: nu.or.id dan Kompasiana.com-)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Perseteruan antara anggota Komisi III dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan dengan perempuan bernama Anggiat Pasaribu yang mengaku keluarga jenderal, menyita perhatian publik. 

Di media sosial, sosok Arteria banyak disebut terkena karma karena pernah memarahi mantan Menteri Emil Salim yang usianya sudah sepuh. Sementara Anggiat pun banyak dinilai tidak pantas karena marah dengan membawa-bawa pangkat keluarga.

Di luar sosok tersebut, Indonesia memiliki banyak pelaku sejarah dari politikus di DPR hingga jenderal bintang empat yang namanya terus dikenang karena darma bakti dan sikapnya. Misalnya, politikus yang pernah duduk di tiga partai, Masyumi, Partai NU, hingga PPP yaitu KH Idham Chalid. 

Lelaki kelahiran 27 Agustus 1921 di Kotabaru, Kalimantan Selatan, ini pernah duduk sebagai Ketua MPR/DPR dari PPP periode 1971-1977. 

Kisah Idham Chalid sebagai politikus di DPR sudah cukup banyak diulas dalam beberapa buku. Salah satunya buku karya Ahmad Muhajir Idham Chalid Guru Politik Orang NU. Dalam buku tersebut disebutkan, Idham Chalid adalah sosok politikus pintar, pandai orasi namun rendah hati.

Baca Juga: Wanita Mengaku Anak Jenderal yang Cekcok dengan Arteria Dahlan Akan Diperiksa Polisi Besok

Bahkan sosok seperti KH Zainuddin MZ dan KH Syukron Makmun tercatat pernah berguru kepada Idham Chalid. Pergaulannya pun luas melintasi sekat agaman dan partai politik. 

Dalam buku tersebut disebutkan, Idham adalah sosok yang dekat dengan Presiden Soekarno. Ketika Soekarno setelah G30S, Idham Chalid adalah orang yang dua kali dibawa masuk kabinet Dwikora bentukan Sukarno sebagai waperdam. 

Namun setelah Sukarno lengser, Idham Chalid, yang juga menjabat Ketua Umum PBNU, memiliki hubungan dekat dengan Presiden Soeharto. Bahkan Soeharto mempercayainya untuk duduk sebagai Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dari 1968 hingga 1973. 

Atas jasanya kepada bangsa, pemerintah memberikan gelar pahlawan nasional pada  November 2011 silam. Idham Chalid meninggal pada 10 Juli 2010 dalam usia 88 tahun.  

Penulis : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


SINAU

Kenapa Parfum Mobil Bikin Mabuk Darat ?

Sabtu, 22 Januari 2022 | 18:00 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
18:12
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19