Kompas TV nasional peristiwa

Dudung ke Papua Ingatkan Prajurit TNI Harus Sayang Masyarakat Papua

Kompas.tv - 24 November 2021, 14:13 WIB
Penulis : Yuilyana

JAYAPURA, KOMPAS.TV – Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, mengunjungi Markas Batalion Raider 754/ENK20/3 Kostrad, di Timika, Papua, Selasa (23/11/2021).

Kunjungan tersebut adalah yang pertama kalinya sejak Dudung dilantik menjadi KSAD.

Kedatangan Dudung ke Papua dalam rangka mengunjungi Satuan Tugas Operasi di Papua.

Pada kesempatan itu Jenderal Dudung sampaikan pesan kepada prajurit TNI.

Dudung mengatakan agar prajurit yang bertugas di Papua agar menyayangi masyarakat setempat dan jangan pernah menyakiti hati masyarakat.

"Saya sampaikan ke pasukan yang lanjutkan tugas. Di Papua bukan operasi perang, tapi bantu Polri dan Pemda untuk memulikan perekonomian, keamanan di sini. Saya sampaikan jangan berpikiran bahwa KKB itu musuh kita. Mereka adalah saudara-saudara yang belum paham NKRI.”ucap Dudung.

Baca Juga: KSAD Jenderal Dudung akan Datangi Papua dan Poso, Ancam Copot Komandan Satuan Jika Tak Berbuat Ini

Dudung menyatakan prajurit TNI harus mampu merangkul kelompok bersenjata.

“Banyak saudara kita di Papua yang presentasinya lebih besar, lebih paham. Oleh karenanya dalam melaksanakan tugas jangan berpikiran membunuh mereka, tapi dirangkul, diberi pemahaman untuk membangun papua.”lanjut Dudung.

Untuk itu ke depan Jenderal Dudung mengatakan para prajurit TNI nantinya akan melaksanakan pembinaan teritorial seperti penanaman bibit pertanian, sehingga turut membantu perekonomian warga setempat.

“Kegiatan-kegiatan yang prioritas akan dilakukan adalah pembinaan-pembinaan teritorial, misalnya bibit ternak, pertanian,membantu perekonomian sehingga beri pelajaran soal kesehatan, pendidikan, pedalaman-pedalaman, kampung-kampung prajurit TNI harus dicintai rakyatnya. Anggota TNI harus lebih cinta pada rakyat Papua,”tegas Dudung.

Video Editor: Jihan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x