Kompas TV nasional berita utama

Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe Senilai Rp1,27 T: Berikan Manfaat bagi Kebutuhan Semua Masyarakat

Kompas.tv - 23 November 2021, 12:26 WIB
jokowi-resmikan-bendungan-karalloe-senilai-rp1-27-t-berikan-manfaat-bagi-kebutuhan-semua-masyarakat
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Karalloe yang dibangun dengan anggaran Rp1,27 Triliun di Kecamatan Tompobulu, Gowa, Sulawesi Selatan (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Setpres/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

SULAWESI SELATAN, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Karalloe yang dibangun dengan anggaran Rp1,27 Triliun. Lokasi bendungan ada di Kecamatan Tompobulu, Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Jokowi mengatakan, Bendungan Karalloe nantinya akan mengairi 7.000 hektar lahan pertanian.

“Alhamdulillah Bendungan Karalloe yang dibangun menghabiskan anggaran Rp1,27 triliun, hari ini alhamdulillah telah selesai dan siap untuk kita resmikan,” kata Presiden Jokowi usai meresmikan Bendungan Karalloe, Selasa (23/11).

“Bendungan yang nantinya akan bisa mengairi 7.000 hektare lahan pertanian yang ada di Kabupaten Jeneponto dan ini bendungannya ada di Kabupaten Gowa tetapi yang mendapatkan manfaat nanti para petani di Kabupaten Jeneponto.”

Dalam keterangannya, seperti dikutip dari tayangan YouTube Sekretarian Presiden (Setpres), Jokowi berharap dengan adanya Bendungan Karraloe petani yang sebelumnya panen sekali bisa dua kali panen.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe dan Tanam Jagung di Sulawesi Selatan

“Dulu hanya panen padi sekali, palawija sekali, nanti inshaAllah bisa dua kali panen padi, sekali palawija. Sehingga bisa meningkatkan pendapatan income, kesejahteraan bagi para petani,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Selain memberikan keuntungan bagi petani, Presiden Jokowi menuturkan Bendungan Karraloe juga akan mengurangi banjir.

“Terutama yang ada di Jeneponto, hitung-hitungan ada sebesar 49 persen,” ucap Jokowi.

“Kita ingat baru saja tahun 2019 di Jeneponto terjadi banjir besar, nah ini dengan adanya Bendungan Karalloe akan bisa dikurangi 49 persen banjir yang ada, ini juga akan memberikan dampak yang baik karena air dimanage.”

Kemudian, sambung Presiden Jokowi, Bendungan Karalloe juga akan memberikan kemanfaatan bagi pembangkit listrik, air baku, dan semua yang dibutuhkan bagi masyarakat.

“Akhirnya dengan mengucapkan bismillahirohmanirohim, hari ini saya resmikan Bendungan Karalloe di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Terima kasih,” ujar Presiden.

Sebagai informasi, setelah menyelesaikan agenda peresmian Bendungan Karalloe yang ada di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa.

Presiden Jokowi akan menuju Kabupaten Jeneponto untuk melakukan penanaman jagung bersama para petani dan masyarakat sekitar.

“Usai menaman jagung, Presiden Jokowi bersama rombongan akan kembali menuju Kabupaten Maros dengan Helikopter Super Puma TNI AU,” sebut keterangan Biro Pers.

Baca Juga: Selain Kepada Presiden Jokowi dan Maruf, SBY Berterima Kasih kepada Megawati Soekarnoputri

“Sore harinya, Presiden Jokowi dijadwalkan kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros.”

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Sulawesi Selatan adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.



Sumber : YouTube Setpres


BERITA LAINNYA



Close Ads x