Kompas TV entertainment lifestyle

Hadir untuk Masyarakat, Instalasi Seni "Bersama" Angkat Nilai Positif dan Kreativitas selama Pandemi

Senin, 22 November 2021 | 23:38 WIB
hadir-untuk-masyarakat-instalasi-seni-bersama-angkat-nilai-positif-dan-kreativitas-selama-pandemi
Instalasi seni 'Bersama' yang berada di Dia.Lo.Gue Artspace, Kemang, Jakarta Selatan, diciptakan oleh tiga kreator yaitu desainer grafis Hermawan Tanzil, arsitek Gregorius Supie Yolodi, serta fotografer Indra Leonardi. (Sumber: KOMPAS.com/Suhaiela Bahfein)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perubahan gaya hidup akibat pandemi Covid-19 mendorong tiga seniman dari bidang arsitektur, desain grafis, dan fotografi menghasilkan sebuah karya bertajuk 'Bersama'.

Hasil kolaborasi berupa instalasi seni tersebut hadir secara nyentrik karena menyelubungi bangunan fisik dari Dia.Lo.Gue Artspace yang terletak di Kemang, Jakarta Selatan.

Dengan begitu, karya yang menjadi bagian dari acara seni dan desain Kemang 12730 itu, dapat dinikmati langsung oleh masyarakat sekitar sebagai instalasi publik.

"Penduduk sini tidak (semuanya) bisa melihat dan merasakan (Kemang 12730). Jadi, untuk itu kami membuat public art ini saja," kata Hermawan Tanzil, desainer grafis sekaligus salah satu penggagas 'Bersama', dikutip dari Kompas.com, Senin (22/11/2021).

Baca Juga: Hari Pahlawan 10 November: Usmar Ismail, Gelar Pahlawan dari Jejak Seni Film

Sementara itu, arsitek yang ikut mengerjakan 'Bersama', Gregorius Supie Yolodi, mengungkapkan, ide instalasi tersebut muncul secara tak sengaja ketika menemukan ruang yang terabaikan.

"Pandemi ini kan membuat kita ngerem (diam, red) dan jaga jarak. Dari pengalaman itu, kemudian kami berpikir, gimana kalau ada instalasi yang menggabungkan arsitektur, fotografi, dan grafis sebagai sebuah public installation," ujar Supie.

Lewat instalasi 'Bersama', Supie pun berharap masyarakat akan lebih tergerak untuk tetap mengisi hari-harinya selama pandemi Covid-19 dengan kreativitas.

Namun, kehadiran 'Bersama' juga menyiratkan pesan untuk tetap menjaga kebersamaan walaupun tidak bersentuhan satu sama lain.

Baca Juga: Maestro Keroncong Waldjinah Mendapatkan Penghargaan Seni Seumur Hidup

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Angin Kencang Rusak Belasan Rumah

Kamis, 2 Desember 2021 | 15:08 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
15:33
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19