Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Jangan Dibuang! Kulit Bawang Ternyata Bisa Bikin Awet Muda, Begini Caranya

Kompas.tv - 22 November 2021, 10:55 WIB
jangan-dibuang-kulit-bawang-ternyata-bisa-bikin-awet-muda-begini-caranya
Ilustrasi kulit bawang putih. (Sumber: Freepik/stockking)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebagian dari kita mungkin akan membuat kulit dari bawang putih atau bawang bombay saat memasak karena hanya membutuhkan isinya saja.

Seperti kita ketahui, bawang putih dan bawang bombay menjadi salah satu bahan bumbu dapur yang paling kerap digunakan dalam banyak olahan.

Jangan keburu dibuang, kulit bawang ternyata memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh. Melansir Antara, Senin (22/11/2021), kulit bawang memiliki kandungan selulosa, vitamin A dan C, serta antioksidan fenilpropanoid anti-inflamasi.

Baca Juga: Manjur! Turunkan Kolesterol Cuma Pakai Kacang Hijau, Diolah dengan Cara Ini

Kandungan tersebut mampu melindungi jantung, penuaan dini, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan berat badan, hingga membuat kulit menjadi awet muda dan kenyal.

Dokter kulit bersertifikat triple board Mamina Turegano dan ibunya yang berusia 72 mengaku kerap meminum teh kulit bawang untuk membuat kulitnya tampak awet muda.

Pengakuan tersebut dibuktikan dengan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa salah satu kandungan dalam kulit bawang, yakni Quercetin, dapat membantu melawan peradangan dan menangkal radikal bebas yang berkontribusi sebagai penyebab penuaan dini.

Selain itu, Quercetin juga berkhasiat melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan sinar matahari.
Untuk mencobanya, Anda bisa menggunakan kulit bawang apapun. Namun, kulit bawang merah tercatat mengandung pigmen anti-inflamasi dan antimikroba bernama antosianin.

Pigmen inilah yang dapat membantu kulit tampak lebih sehat dan bercahaya.

Baca Juga: Bahaya! Ini Penyebab Sayur Bayam Bisa Berubah Jadi Racun, Perhatikan Ciri-cirinya

Lantas, bagaimana cara mengonsumsi kulit bawang agar mendapat manfaat secara maksimal?

Kulit bawang dapat diolah menjadi teh untuk membuat tubuh lebih rileks. Teh kulit bawang juga dapat membuat kualitas tidur lebih baik karena kandungan triptofan.

Selain itu, menggabungkan kulit bawang dengan teh herbal lainnya juga dapat menjadi pilihan, seperti teh hijau atau chamomile.




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x