Kompas TV internasional kompas dunia

Momen Prabowo Jelaskan Konsep Hankamrata dalam Forum IISS Manama Dialogue di Bahrain

Kompas.tv - 21 November 2021, 09:31 WIB
Penulis : Theo Reza

BAHRAIN, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berpidato dalam Forum Dialog The 17th International Institute for Strategic Studies (IISS) Manama Dialogue 2021, Sabtu (20/11)

Dalam kesempatan tersebut Prabowo menjelaskan konsep pertahanan rakyat total, atau dikenal sebagai Hankamrata yang menjadi tradisi dan sejarah Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

Prabowo mengatakan bahwa Indonesia adalah tempat percampuran banyak ras, suku, budaya, juga merupakan rumah bagi hampir semua agama besar dunia serta kepercayaan masyarakat lokal yang dipraktikkan berabad-abad sebelum kedatangan agama-agama besar dunia.

Karakter ini menjadikan Indonesia negara yang terbuka atas hubungan eksternal dengan senantiasa berusaha mewujudkan atmosfer yang harmonis untuk hidup damai berdampingan bersama semua pihak.

“Secara historis, Indonesia selalu mengandalkan konsep pertahanan rakyat total, yang kami sebut dalam bahasa Indonesia adalah Hankamrata. Sebuah sistem pertahanan rakyat total. Sejak berabad-abad ini telah menjadi postur defensif hampir semua raja, sultan dan pangeran kita di seluruh nusantara” kata Prabowo dalam pidatonya.

Baca Juga: Potret Puan, Mega dan Prabowo Foto Bersama di Pelantikan Panglima TNI Jenderal Andika

Dalam implementasinya, Prabowo menjelaskan, Indonesia memperkuat komado teritorialnya, mulai dari desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga pusat.

Meski demikian, Prabowo menegaskan bahwa Indonesia berkomitmen untuk terus menjaga hubungan baik dengan semua negara dan menjaga netralitas sebagai negara non-blok dalam mengatasi berbagai permasalahan.

“Tradisi ASEAN adalah saling menghormati. Dan ini, alhamdulillah, telah berhasil kami pertahankan selama ini. Ini adalah pengalaman positif dari pendekatan multilateral,” jelasnya.

International Institute for Strategic Studies (IISS) Manama Dialogue adalah elemen penting bagi keamanan Timur Tengah. IISS adalah forum bagi para menteri, pakar, tokoh pembentuk opini, dan komunitas sebagai wadah pertahanan keamanan paling mendesak yang terjadi di Timur Tengah dan telah dilaksanakan sejak tahun 2004.

Video Editor: Laurensius Galih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x