Kompas TV olahraga kompas sport

Pelatih Timnas Uruguay Oscar Tabarez Dipecat Setelah 15 Tahun

Kompas.tv - 20 November 2021, 07:12 WIB
pelatih-timnas-uruguay-oscar-tabarez-dipecat-setelah-15-tahun
Pelatih Timnas Uruguay Oscar Tabarez. (Sumber: Cesar Munoz/Andes via Wikimedia)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Fadhilah

MONTEVIDEO, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Uruguay Oscar Tabarez resmi dipecat setelah menjabat selama 15 tahun. Pemecatan ini diumumkan oleh Asosiasi Sepak bola Uruguay (AUF) pada Jumat (19/11/2021).

Tabarez menjabat pelatih timnas untuk periode kedua sejak 13 Februari 2006. Pria kelahiran Montevideo ini sebelumnya sudah pernah menangani La Celeste pada 1988-1990.

Pelatih berusia 74 tahun ini berjasa mengantarkan Timnas Uruguay menorehkan prestasi gemilang pada awal dekade 2010-an. Luis Suarez dan kawan-kawan lolos ke semifinal Piala Dunia 2010 dan menjuarai Copa America 2011.

Mantan guru sekolah ini pun mencetak rekor sebagai pelatih tim nasional dengan jumlah pertandingan terbanyak. Tabarez telah memimpin La Celeste dalam 224 pertandingan.

Baca Juga: Melempem di Barcelona, Memphis Depay Paling Ganas di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Melansir The Athletic, jasa Tabarez bagi timnas membuatnya dijuluki El Maestro. Sang pelatih dianggap berjasa merevolusi sepakbola nasional Uruguay pada periode keduanya.

Akan tetapi, di kualifikasi Piala Dunia 2022, anak asuh Tabarez tampil kurang memuaskan. Uruguay terancam gagal lolos ke Qatar 2022 dengan hanya menempati peringkat tujuh babak kualifikasi CONMEBOL hingga partai ke-14.

Sebelum dipecat, Tabarez menelan empat kekalahan beruntun lawan Argentina (dua kali), Brasil, serta Bolivia. 

“Kami menekankan bahwa keputusan ini (pemecatan) tidak mengabaikan kontribusi penting Tabarez bagi sepakbola Uruguay. Kami mengakui dan berterima kasih atas prestasi olahraga fundamental yang dia capai dalam 15 tahun terakhir, yang mana berhasil membawa kembali Uruguay ke puncak sepakbola dunia,” tulis pernyataan AUF.

“Kami mengapresiasi dan menghormati profesionalisme serta dedikasi yang dia tunjukkan selama menjabat dan warisan tak terhingga dari periodenya yang penuh kesuksesan dalam sejarah tim nasional (Uruguay),” imbuh pernyataan tersebut.

Uruguay sendiri baru kembali melakoni partai kualifikasi Piala Dunia pada awal 2022 mendatang. Mereka akan menghadapi Paraguay, Venezuela, Peru, serta Chile.

Meskipun tipis, La Celeste masih punya peluang lolos ke Qatar 2022.

Baca Juga: Belanda, Negara ke-12 yang Dipastikan ke Putaran Final Piala Dunia 2022


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x