Kompas TV nasional peristiwa

Komnas Perempuan: Valencya Tidak Bersalah, yang Bersalah Itu Suami yang Tidak Bertanggung Jawab

Kompas.tv - 19 November 2021, 13:33 WIB
komnas-perempuan-valencya-tidak-bersalah-yang-bersalah-itu-suami-yang-tidak-bertanggung-jawab
Valencya Lim alias Nengsy Lim menjadi terdakwa dan dituntut 1 tahun penjara karena memarahi suami yang suka mabuk-mabukan. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komnas Perempuan menilai dalam kasus Valencya Lim yang bersalah bukan istri, melainkan suami yang tidak bertangggung jawab.

Menurut Wakil Ketua Komnas Perempuan Mariana Amiruddin hal ini berdasar pada Undang-Undang Perkawinan yang menempatkan tugas atau peran suami di dalam keluarga.

Adapun berdasarkan informasi, kemarahan Valencya Lim terhadap suaminya yang bernama Chan Yu Ching, pria asal Taiwan, cukup beralasan. Sang suami disebut sudah enam bulan tidak pulang ke rumah dan pulang dalam keadaan mabuk.

"Yang diharapkan tidak perlu banyak dan tinggi tapi bahwa sudah menjadi pengetahuan umum di masyarakat dalam hal ini kasus ini yang bersalah bukan istri, yang bersalah itu suami yang tidak bertanggung jawab," kata Mariana dalam program dialog Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Jumat (19/11/2021).

"Yang harusnya melindungi anggota keluarganya bukan melakukan kekerasan. Itulah yang harusnya dilihat, diperbaiki, dan diluruskan sesuai dengan UU Perkawinan yang menempatkan tugas atau peran suami di dalam keluarga," sambungnya.

Baca Juga: 7 Fakta Terbaru Kasus Valencya yang Dihukum 1 Tahun Penjara karena Marahi Suami Mabuk

Bahkan, Mariana menilai bahwa penetapan Valencya Lim sebagai tersangka karena marahi suami yang mabuk merupakan tindakan hukum terbalik dan memperpanjang kekerasan.

"Karena itu, ini sebetulnya tindakan yang terbalik terjadi pada pihak istri yang justru dia adalah korban KDRT (kekerasan dalam rumah tangga). Dan semua orang tahu secara moral bahwa mabuk-mabukan, pulang malam, bertemu banyak perempuan di luar itu seharusnya tidak dilakukan oleh seorang suami," ujarnya.

Mariana menegaskan bahwa pembelaan yang harusnya dilakukan ialah kepada Valencya Lim sebagai istri. Bahkan hal tersebut sudah lumrah dan dipahami secara umum. Meski kemudian, aparat penegak hukum justru menjatuhinya dengan hukuman 1 tahun penjara.

"Ini sebetulnya adalah hal yang umum yang sebetulnya masyarakat pun paham tidak perlu dengan jabatan saya sebagai komisioner, sebagai kejaksaan itu hal yang sangat umum yang harusnya terbalik dilakukan. Justru pembelaan ini harus kepada istri," imbuhnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x