Kompas TV regional berita daerah

Bangkit Pariwisata Jember dengan Perluas Vaksinasi, Perbaiki Jalan dan Gratis Tiket (1)

Kompas.tv - 19 November 2021, 07:30 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Turunnya kasus covid-19 direspon baik oleh Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur dengan mendorong pemulihan sektor pariwisata. Beberapa strategi telah disiapkan, seperti menggenjot capaian vaksinasi, memperbaiki akses jalan wisata dan rencana menggratiskan tiket masuk.

“Alhamdulillah, kita sudah PPKM level 1 pada 2 bulan lalu, kasus Covid-19 menurun, namun karena pemerintah pusat memberikan satu variabel baru, yakni capaian vaksinasi, maka Jember kembali PPKM level 3,” Kata Bupati Jember Hendy Siswanto pada acara talkshow di KompasTV Jember, pada Kamis (18/11/2021).

Pemkab Jember terus fokus menggalakan vaksinasi Covid-19 agar bisa masuk di PPKM level 1. Upaya tersebut mulai membuahkan hasil, capaian vaksinasi untuk dosis 1 sudah mencapai 50,53 persen atau setara 1 juta lebih jiwa per 16 November. Vaksinasi juga digalakkan untuk kalangan lansia, yang saat ini dosis 1 sudah mencapai 27,05 persen.

Baca Juga: Serbuan Vaksinasi Covid-19 Digalakkan, Antisipasi Varian Baru Delta Plus

“Capaian vaksinasi di Jember melesat, sebentar lagi Jember akan PPKM Level 1, jadi kepada masyarakat yang belum vaksin, ayu segera datang puskesmas, kantor desa atau kantor camat. Sebentar lagi kita akan masuk level 1 lagi dan Insya Allah perekonomian segera bangkit,” ujar Hendy Siswanto.

Vaksinasi digalakkan karena menjadi syarat wajib bagi wisatawan untuk masuk ke tempat wisata dengan menggunakan aplikasi peduli lindungi. Pemkab Jember sendiri telah mengurus ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mendapatkan barcode aplikasi peduli lindungi untuk setiap tempat wisata.

Langkah selanjutnya, lanjut Hendy Siswanto, memperbaiki infrastruktur jalan yang menjadi akses menuju lokasi wisata. Jadi jalan menuju sampai lokasi wisata harus bagus, seperti jalan menuju Meru Betiri dan Pantai Bandealit yang saat ini sedang diperbaiki oleh Pemkab Jember.

Baca Juga: Perbaiki Jalan 1000 Kilometer, Bupati Jember: Jalan Urat Nadi Perekonomian Warga (1)

Berikutnya Pemkab Jember berencana menggratiskan tiket wisata di Jember untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di masa Pandemi. “Kami sedang mengatur dan menghitung, apa kompensasi dan korelasinya jika tiket wisata digratiskan, namun pendapatan asli daerah tetap ada,” ujar Hendy Siswanto.

Strategi yang dipersiapkan oleh Pemkab Jember, jika tiket digratiskan, adalah mendirikan UMKM di lokasi wisata agar wisatawan yang datang membeli makanan, minuman dan oleh-oleh di UMKM yang tersedia. “Dari transaksi jual beli di UMKM itulah nanti ada retribusi yang masuk ke PAD kita,” terang Hendy. (*)

 

#PemulihanPariwisata #WisataJember #PPKM



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x