Kompas TV nasional peristiwa

14 Peserta Berbuat Curang, Pengumuman Hasil SKD CPNS 2021 Kemenkumham Ditunda

Kompas.tv - 18 November 2021, 19:05 WIB
14-peserta-berbuat-curang-pengumuman-hasil-skd-cpns-2021-kemenkumham-ditunda
Ilustrasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kemenkumham menunda pengumuman hasil seleksi SKD CPNS 2021. Hal ini dikarenakan adanya temuan dugaan kecurangan yang dilakukan peserta. (Sumber: Humas Kanwilkumham Sulsel)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menunda pengumuman hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021.

Informasi tersebut termuat dalam surat pengumuman Nomor: 15350/BKS.04.02/SD/K/2021 yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Kepala Biro Kepegawaian Sutrisno pada 16 November 2021. 

Pada surat tersebut dijelaskan alasan penundaan hasil tes SKD, yakni dikarenakan adanya temuan dugaan kecurangan yang dilakukan peserta. 

"Dengan ini disampaikan, terdapat 14 peserta yang dinyatakan diskualifikasi sehingga perlu dilakukan pembaruan Lampiran Pengumuman Hasil SKD CPNS Kementerian Hukum dan HAM dan menunggu ditandatangani oleh Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara," demikian bunyi surat tesebut.

Sementara itu, melansir dari Antara, Kepala Bagian Humas Kemenkumham Tubagus Erif Faturahman mengungkapkan, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah melakukan penyelidikan terkait temuan dugaan tindakan kecurangan tersebut. 

Baca Juga: Pengumuman SKD CPNS 2021 Tahap 2, Ini Cara Ceknya!

"BKN mencium indikasi tindakan kecurangan yang dilakukan beberapa peserta sehingga BKN melakukan penyelidikan," kata Tubagus.

Dia juga mengatakan, dengan adanya bukti-bukti yang dikumpulkan itu, BKN kemudian menarik kembali dan merevisi pengumuman yang awalnya akan diumumkan pada 13 dan 14 November 2021.

"Sebanyak 14 orang yang terbukti melakukan kecurangan akan didiskualifikasi," ujarnya. 

Kemenkumham, kata dia, juga mendukung penuh tindakan dan kebijakan yang akan dilakukan BKN.

Mengingat, lanjut Tubagus, Kemenkumham berkomitmen untuk menyelenggarakan proses seleksi dan rekrutmen secara adil dan terbuka.

Adapun hal ini bertujuan agar CPNS yang lolos seleksi akhir merupakan kader yang berkualitas, jujur, dan berakhlak.

Baca Juga: Peserta CPNS Jangan Lupa Ikuti Syarat Ini, Berikut Cara Cetak dan Jadwal Ujian SKB Tahap 2



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x