Kompas TV nasional sosok

Bambang Pacul, Celeng Banteng dan Loyalis Puan yang Jadi Ketua Komisi III

Kompas.tv - 18 November 2021, 11:42 WIB
bambang-pacul-celeng-banteng-dan-loyalis-puan-yang-jadi-ketua-komisi-iii
Ketua DPP PDI Perjuangan Bambang Wuryanto. (Sumber: KOMPAS.com/Indra Akuntono)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Secara mendadak, fraksi PDIP menunjuk Bambang Wuryanto atau yang karib disapa Bambang Pacul menjabat Ketua Komisi III menggantikan Herman Hery yang digeser ke Komisi VII.

"Saya dapat info serupa. Jadi benar. Kita tunggu saja pengesahannya," kata Anggota DPR Fraksi PDIP Hendrawan Supratikno kepada KOMPAS TV, Kamis (18/11/2021).
 
Alasan rotasi ini, menurut Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto,  karena demi penyegaran. 

"Betul dipindah dari Komisi III ke Komisi VII per tanggal 16 November," kata Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adianto kepada wartawan, Rabu (17/11/2021).

Ia menjelaskan, pergantian tersebut adalah hal yang biasa bagi seorang anggota dewan. Karena siapapun anggota dewan bisa mengalami rotasi.

"Ini tour of duty. Tour of duty biasa," katanya.

Sosok Bambang Pacul di DPR bukanlah orang asing. Dia lebih dari dua periode duduk sebagai anggota dewan. Akhir-akhir ini Bambang juga dikenal karena sikapnya yang terus terang membela Ketua DPR Puan Maharani.

Baca Juga: PDIP Tunjuk Bambang Pacul Jadi Ketua Komisi III Gantikan Herman Hery

Kedekatan Bambang dan Puan di DPR tidak terjalin dalam waktu singkat. Saat Puan duduk sebagai Ketua Fraksi pada periode 2009-2014, Bambang duduk sebagai sekretaris fraksi.

Tidak mengherankan bila keduanya punya hubungan cukup dekat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x