Kompas TV nasional peristiwa

Sah! Jenderal TNI Dudung Abdurachman Jabat KSAD

Kompas.tv - 17 November 2021, 14:48 WIB
sah-jenderal-tni-dudung-abdurachman-jabat-ksad
Jenderal Dudung Abdurachman Resmi Jabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo melantik Letjen Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Selain melantik Letjen Dudung Abdurachman sebagai KSAD, Presiden Jokowi memberikan kenaikan pangkat satu tingkat dari Letnan Jenderal menjadi Jenderal.

Jenderal Dudung Abdurachman menjabat sebagai KSAD menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang ditunjuk sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Dibacakan Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Tonny Harjono, Jenderal Dudung Abdurachman menjabat sebagai KSAD tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 107 TNI tahun 2021, tentang pemberhentian dan pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Baca Juga: Dihadiri Megawati Soekarnoputri, Jokowi Lantik Jenderal Andika Perkasa jadi Panglima TNI

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Presiden Republik Indonesia menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan menetapkan dan seterusnya, kesatu memberhentikan dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa SE MA SMC dengan NRP 31100 dari jabatannya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah disumbangkan kepada Bangsa dan negara Republik Indonesia selama memangku jabatan tersebut,” ucap Tonny Harjono.

“Kedua mengangkat Letjen TNI Dudung Abdurachman SE, MM, NRP 32318 sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).”

Tonny menambahkan, Keputusan Presiden Republik Indonesia mulai berlaku sejak saat pelantikan pejabat sebagaimana dimaksud pada diktum kedua Keputusan Presiden ini.

“Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 17 November 2021, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo,” ucap Tonny.

Selanjutnya, Kepala Staf Angkatan Darat membacakan sumpah jabatan.

Baca Juga: Deret Pernyataan Berani Letjen Dudung Abdurachman, Hadapi Rizieq hingga Gatot Nurmantyo

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bhakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Dudung.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung sumpah prajurit,” kata Dudung Abdurachman

Pelantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman menjadi KSAD dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Pimpinan DPR, Pimpinan MPR, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x