Kompas TV TALKSHOW bincang kita

Membangun Kota Parepare Karena Cinta | Bincang Kita

Kompas.tv - 17 November 2021, 14:10 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Kota Parepare adalah sebuah kota kecil dalam wilayah Provinsi Sulawesi Selatan yang terletak kurang lebih 155 km dari Kota Makassar. Memiliki luas wilayah 99,33 km2, kota ini terdiri dari 4 kecamatan dan 22 kelurahan. Jumlah penduduk di kota ini, berdasarkan data statistik tahun 2020 sebanyak 151.454 jiwa, yang terdiri dari 75.085 jiwa laki-laki dan 76.369 jiwa perempuan.

Kota Parepare merupakan salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang berpenduduk multietnis, di mana terdapat 5 suku di dalamnya, Bugis, Makassar, Mandar, Toraja, dan Tionghoa. Kota ini berbatasan dengan selat Makassar dan 3 daerah lain, Kabupaten Barru, Pinrang, dan Sidenreng Rappang. Berbatasan dengan Selat Makassar membuat Parepare sejak dahulu menjadi jantung perdagangan di Provinsi Sulawesi Selatan. Dua pelabuhan, Pelabuhan Nusantara dan Cappa Ujung, begitu aktif dalam menaikkan dan menurunkan penumpang dan peti kemas.

Di kota inilah, 85 tahun silam telah lahir seorang tokoh bangsa. Tokoh yang diperhitungkan skala nasional bahkan internasional. Tokoh yang menjadi buah bibir dalam hal pembuatan pesawat terbang. Dialah Presiden Republik Indonesia ketiga, Prof. Dr. Ing. H. Bj. Habibie yang namanya terpatri di setiap sudut kota Parepare. Tokoh inilah yang menjadi sumber inspirasi Walikota Parepare, Dr. H.M. Taufan Pawe, SH, MH dalam menjalankan pemerintahannya selama kurun waktu 8 tahun.

Betapa tidak, Parepare hanyalah kota kecil yang memiliki sumber daya alam terbatas. Sangat jauh dibandingkan dengan daerah-daerah yang berada di sekitarnya.  Dengan visi menjadikan Kota Parepare sebagai Kota Industri Tanpa Cerobong Asap dengan 3 pilar, Kesehatan, Pendidikan dan kepariwisataan, Walikota Parepare menyulap Kota Parepare menjadi Kota Bj. Habibie dengan tagline PAREPARE KOTA CINTA. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x