Kompas TV regional hukum

Pengamanan Sirkuit Mandalika Diperketat, Drone hingga Penonton Liar akan Diamankan

Kompas.tv - 16 November 2021, 22:06 WIB
pengamanan-sirkuit-mandalika-diperketat-drone-hingga-penonton-liar-akan-diamankan
Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (Sumber: Kompas.TV/Ant)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

LOMBOK, KOMPAS.TV - Pengamanan ajang balap World Superbike yang dijadwalkan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 19-21 November 2021, terus dipersiapkan.

Polda NTB telah mempersiapkan anggotanya untuk melakukan pengamanan. Termasuk anggota yang memantau aktivitas pesawat nirawak atau drone

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto menjelaskan, sejumlah anggota Satuan Brimob Polda NTB akan disiapkan untuk memantau aktivitas drone di kawasan Sirkuit Mandalika. 

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Kebutuhan Saat World Superbike, 14 Ton Daging Impor Disiapkan

Tim patroli udara ini bersiaga di kawasan perbukitan sekitar kawasan Sirkuit Mandalika dan menggunakan alat pantau pesawat nirawak yang mengudara. Pemantauan juga akan didampingi personel pengamanan.

"Apabila ada yang terbangkan, akan kami turunkan dan panggil pilotnya," ujar Artanto, Selasa (16/11/2021), dikutip dari Antara

Artanto menambahkan, kegiatan pemantauan aktivitas pesawat nirawak di sekitar areal Sirkuit Mandalika juga turut melibatkan tim dari TNI AU dan Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI).

Ia juga mengingatkan pengguna drone yang nekat menerbangkan pesawat bakal dikenakan sanksi yang diatur dalam UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. 

Baca Juga: Gubernur NTB Sebut Sirkuit Mandalika Berpotensi Jadi Lokasi Balapan F1

Untuk itu, Polda NTB mengajak para pegiat drone untuk mendukung suksesnya ajang balap World Superbike dengan tidak menerbangkan drone di sekitar areal sirkuit pada saat ajang berlangsung.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x