Kompas TV entertainment lifestyle

Ternyata dari Warna Kuku Bisa Deteksi Adanya Penyakit, Ini yang Paling Berbahaya

Selasa, 16 November 2021 | 15:45 WIB
ternyata-dari-warna-kuku-bisa-deteksi-adanya-penyakit-ini-yang-paling-berbahaya
Ilustrasi.Warna kuku kuning, warna kuku ternyata bisa menunjukkan kondisi kesehatan seseorang. (Sumber: Webmd)

SOLO, KOMPAS.TV - Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang jarang diperhatikan. Padahal kuku berguna untuk melindungi jari dari ancaman berbahaya.

Selain itu, warna kuku ternyata juga memiliki arti. Beberapa diantaranya dapat mengungkap masalah kesehatan seperti kanker dan anemia.

"Untuk populasi umum, kesehatan kuku paling sering merupakan indikator asupan nutrisi yang buruk atau pencernaan yang buruk,” jelas Dr. Sara Norris, seorang dokter naturopati yang berbasis di Los Angeles dikutip dari Healthline, Selasa (16/11/2021).

Sementara itu,menurut Mayo Clinic, warna kuku yang sehat biasanya berwarna seragam, tidak ada bintik-bintik maupun perubahan. Teksturnya pun sehat halus, tanpa lubang atau lekukan. 

Baca Juga: Rebus Pare Selama 10 Menit Lalu Minum Airnya, Ternyata Khasiatnya Luar Biasa untuk Kesehatan

Melansir Webmd, berikut warna kuku yang harus diwaspadai, bisa menunjukkan masalah kesehatan.

1. Kuku pucat

Dalam beberapa kasus, warna kuku yang sangat pucat terkadang bisa menjadi tanda penyakit serius, seperti anemia, gagal jantung kongestif, penyakit hati dan malnutrisi.

2. Kuku Putih

Jika kuku sebagian besar berwarna putih dengan tepi yang lebih gelap, ini dapat mengindikasikan masalah pada hati, seperti hepatitis. 

Namun, pastikan terlebih dahulu apakah warna tersebut bukan dari faktor eksternal misalnya dampak dari cat kuku atau makanan.

3. Kuku Kuning

Salah satu penyebab paling umum dari kuku kuning adalah infeksi jamur. Saat infeksi memburuk, dasar kuku bisa tertarik, menebal hingga hancur. 

Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

Sumber : Webmd



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:00
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19