Kompas TV entertainment lifestyle

Ternyata dari Warna Kuku Bisa Deteksi Adanya Penyakit, Ini yang Paling Berbahaya

Kompas.tv - 16 November 2021, 15:45 WIB
ternyata-dari-warna-kuku-bisa-deteksi-adanya-penyakit-ini-yang-paling-berbahaya
Ilustrasi.Warna kuku kuning, warna kuku ternyata bisa menunjukkan kondisi kesehatan seseorang. (Sumber: Webmd)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang jarang diperhatikan. Padahal kuku berguna untuk melindungi jari dari ancaman berbahaya.

Selain itu, warna kuku ternyata juga memiliki arti. Beberapa diantaranya dapat mengungkap masalah kesehatan seperti kanker dan anemia.

"Untuk populasi umum, kesehatan kuku paling sering merupakan indikator asupan nutrisi yang buruk atau pencernaan yang buruk,” jelas Dr. Sara Norris, seorang dokter naturopati yang berbasis di Los Angeles dikutip dari Healthline, Selasa (16/11/2021).

Sementara itu,menurut Mayo Clinic, warna kuku yang sehat biasanya berwarna seragam, tidak ada bintik-bintik maupun perubahan. Teksturnya pun sehat halus, tanpa lubang atau lekukan. 

Baca Juga: Rebus Pare Selama 10 Menit Lalu Minum Airnya, Ternyata Khasiatnya Luar Biasa untuk Kesehatan

Melansir Webmd, berikut warna kuku yang harus diwaspadai, bisa menunjukkan masalah kesehatan.

1. Kuku pucat

Dalam beberapa kasus, warna kuku yang sangat pucat terkadang bisa menjadi tanda penyakit serius, seperti anemia, gagal jantung kongestif, penyakit hati dan malnutrisi.

2. Kuku Putih

Jika kuku sebagian besar berwarna putih dengan tepi yang lebih gelap, ini dapat mengindikasikan masalah pada hati, seperti hepatitis. 

Namun, pastikan terlebih dahulu apakah warna tersebut bukan dari faktor eksternal misalnya dampak dari cat kuku atau makanan.

3. Kuku Kuning

Salah satu penyebab paling umum dari kuku kuning adalah infeksi jamur. Saat infeksi memburuk, dasar kuku bisa tertarik, menebal hingga hancur. 



Sumber : Webmd


BERITA LAINNYA



Close Ads x