Kompas TV olahraga kompas sport

Italia Buang Kans Lolos ke Piala Dunia 2022, Mancini: Kami Mempersulit Diri Sendiri, Saya Kecewa

Kompas.tv - 16 November 2021, 09:40 WIB
italia-buang-kans-lolos-ke-piala-dunia-2022-mancini-kami-mempersulit-diri-sendiri-saya-kecewa
Pelatih tim nasional Italia, Roberto Mancini. (Sumber: football-italia.net)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

BELFAST, KOMPAS.TV - Tim Nasional (timnas) Italia gagal memastikan diri lolos otomatis ke Piala Dunia 2022 setelah hanya mampu finis di peringkat kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Kegagalan Italia dipastikan setelah hanya bermain imbang tanpa gol kontra tuan rumah Irlandia Utara pada laga terakhir Grup C, Selasa (16/11/2021) dini hari WIB.

Di sisi lain, rival terdekat Italia, Swiss justru menang telak 4-0 atas Bulgaria, sekaligus memastikan satu tiket lolos otomatis ke Piala Dunia dengan keunggulan 2 poin atas Italia.

Sedangkan Italia yang turun ke posisi 2 dengan koleksi 16 poin dari 8 pertandingan masih harus melewati babak playoff agar bisa ikut berlaga di Qatar.

Selama 90 menit pertandingan dengan Irlandia Utara, Gli Azzurri sejatinya sangat mendominasi tuan rumah.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Inggris dan Swiss Lolos, Italia Harus Lewati Babak Play-off

Mereka memiliki persentase penguasaan bola sebesar 72 persen serta menciptakan 12 peluang yang 6 di antaranya tepat mengarah ke gawang. Tetapi, tak satupun dari upaya-upaya tersebut berbuah gol.

Hasil ini menjadi pukulan telak bagi Gli Azzurri yang baru saja menjadi juara Euro 2020 pada bulan Juli silam.

Mancini selaku pelatih kecewa dengan penampilan Gianluigi Donnarumma dan kawan-kawan. Menurut Mancini, Italia mempersulit diri sendiri.

"Saya kecewa," sebut Mancini seusai laga, dikutip dari Football Italia.

"Kami mempersulit diri sendiri dan harusnya sudah bisa menyegel tiket kelolosan dua matchday sebelumnya. Kami memiliki peluang, tetapi tidak mengambilnya."

"Sekarang, kami harus membumi, karena masih ada peluang untuk lolos ke Piala Dunia," imbuh eks juru taktik Inter Milan tersebut.

Baca Juga: 9 Tim Sudah Lolos ke Piala Dunia 2022, Portugal Lakoni Play-off, Italia Waswas

Mancini tidak mau beralasan bahwa skuadnya tidak dalam kondisi terbaik. Gli Azzurri memang ditinggal 11 pemain karena cedera, termasuk pemain-pemain kunci macam Marco Verratti serta Ciro Immobile.

“Saya pikir semua orang menghadapi banyak cedera pada tahap musim ini, tetapi terlepas dari itu, kami harusnya menang melawan Swiss dan Irlandia Utara," tambah Mancini.

"Kami sudah terlalu lama berada di sepakbola untuk menyangkal ada saat-saat ketika itu tidak berhasil. Untungnya, kami masih bisa lolos."

"Tidak ada gunanya mencari alasan sekarang mengapa kita berada dalam situasi ini, yang bisa kita lakukan hanyalah bersiap untuk Maret."




Sumber : Football Italia


BERITA LAINNYA



Close Ads x