Kompas TV internasional kompas dunia

Belgia Mulai Perketat Upaya Pencegahan Flu Burung

Kompas.tv - 16 November 2021, 01:05 WIB
belgia-mulai-perketat-upaya-pencegahan-flu-burung
Seekor ayam peliharaan berada dalam kandang di Wangenies, Belgia, 2017. Mulai Senin ternak unggas harus dikurung di ruang tertutup usai varian flu burung yang sangat menular ditemukan di angsa liar di kota Schilde dekat Antwerpen. (Sumber: Antara via Reuters)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

BRUSSELS, KOMPAS.TV - Pemerintah Belgia mulai memperketat upaya pencegahan flu burung saat virus tersebut menyebar ke seluruh Eropa, kata badan keamanan pangan AFSCA seperti dilansir Antara mengutip Reuters, Senin (15/11/2021).

Mulai Senin, ternak unggas harus dikurung di ruang tertutup usai varian flu burung yang sangat menular ditemukan di angsa liar di kota Schilde dekat Antwerpen.

AFSCA menyebutkan, kasus itu adalah yang pertama pada burung liar sejak 1 Maret 2021 dan menunjukkan kembali terjadinya peredaran aktif virus pada burung liar.

"Saya mesti memastikan bahwa kami mencegah kontaminasi flu burung pada unggas kita dengan segala cara," cuit Menteri Pertanian David Clarinval di Twitter.

"Mari kita terapkan pengurungan untuk menghindari kerugian yang pernah dialami oleh petani kita di masa lalu." kata Clarinval.

Baca Juga: Rusia Umumkan Kasus Pertama Penularan Virus Flu Burung H5N8 Kepada Manusia

Petugas berpakaian pelindung berjalan menuju peternakan unggas untuk menyelidiki kasus dugaan flu burung di Higashikagawa, Jepang barat, dalam foto yang diambil oleh Kyodo, 8 November 2020. (Sumber: Antara via Kyodo)

Langkah pencegahan itu berlaku bagi pemilik ternak profesional maupun pribadi.

Sejumlah negara Eropa lain juga mengambil langkah yang sama.

Otoritas Belanda pada Oktober memerintahkan peternak komersial untuk mengurung seluruh ternak mereka setelah kasus flu burung dilaporkan dari sebuah peternakan.

Prancis juga memperpanjang keharusan penyimpanan ternak unggas di ruangan tertutup awal November ini.

Sementara itu, Jerman turut melaporkan sejumlah wabah flu burung.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x