Kompas TV video sinau

Bukan Tempat Lahir Billie Eilish, Berikut Fakta Menarik tentang Nganjuk

Kompas.tv - 15 November 2021, 19:30 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Baru-baru ini Nama Billie Eilish ramai dibicarakan, karena  tangkapan layar dan foto  editan warganet  yang menggambarkan kalau Billie,  berasal dari Nganjuk. Nganjuk adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur. Memiliki luas 1.182,64 kilometer persegi, terdiri dari  20 kecamatan, dan 284 desa. Secara geografis, Nganjuk berbatasan dengan kabupaten Bojonegoro di bagian utara. Kabupaten Jombang di bagian timur, Kabupaten Ponorogo di selatan, dan Kabupaten Madiun di barat. Beriklim tropis basah dan kering karena dipengaruhi oleh pergerakan angin Muson.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut fakta menarik kabupaten nganjuk:

1.Nasi Becek

Kuliner asli Nganjuk belum begitu dikenal secara luas. Misalnya nasi becek, makanan ini berkuah kuning, dengan campuran santan. Dihidangkan dengan sate kambing dan sambel kacang.

2.Dijuluki Kota Angin

berdasarkan data BMKG, kecepatan angin di Nganjuk berkisar 10km/jam hingga mencapai 30km/jam.

3.Penghasil Bawang Merah

Sektor pertanian jadi andalan ekonomi sebagian besar warga.  Sentra bawang merah di Nganjuk berada di daerah  Kecamatan Sukomoro ke barat , meliputi Kecamatan Gondang, Kecamatan Rejoso, Kecamatan Bagor, dan Kecamatan Wilangan.

4.Candi unik

Candi Lor didirikan oleh raja pertama Kerajaan Medang atau Mataram Hindu periode Jawa Timur, yakni Mpu Sindok, pada tahun 937 Masehi. Pada salah satu sisi candi  ada pohon besar yang memiliki akar raksasa terlihat mencengkam erat bangunan candi.

Baca Juga: Fakta Unik Katak Panah Beracun, Tidak Mati kendati Menyerap Racun dari Makanannya

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x