Kompas TV nasional peristiwa

Vaksinasi Covid-19 Khusus Anak Usia 6-11 Tahun akan Diberikan Setelah Program Bagi Lansia Selesai

Kompas.tv - 15 November 2021, 18:39 WIB
vaksinasi-covid-19-khusus-anak-usia-6-11-tahun-akan-diberikan-setelah-program-bagi-lansia-selesai
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyatakan Pemerintah baru akan melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun akan dilakukan setelah vaksinasi pada lansia telah selesai. (Sumber: Dok. BNPB)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah menyatakan akan melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun, setelah vaksinasi pada lansia telah selesai.

Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, hal itu berdasar pada komitmen pemerintah untuk mendahulukan kelompok risiko Covid-19 tertinggi, yakni lansia.

Dengan demikian, terdapat tahapan-tahapan kelompok yang diprioritaskan dalam pemberiannya. Mulai dari tenaga kesehatan hingga orang tua atau kelompok lanjut usia (lansia).

"Jadi memang karena orang tua itu risiko fatalnya masih puluhan kali di atas anak-anak, kami memprioritaskan vaksinasi ke lansia dulu yang sekarang baru mencapai sekitar 40 persen," kata Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (15/11/2021).

"Begitu itu (vaksinasi lansia) sudah selesai, nanti akan turun ke kelompok-kelompok lain yang risiko fatalitasnya lebih rendah dibandingkan orang tua," sambungnya.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, Kemenkes berkomitmen untuk memberikan vaksin Covid-19 dengan berbasis risiko. Artinya, pemerintah akan mendahulukan tenaga kesehatan kemudian lansia.

Baca Juga: Menkes: Peningkatan Kasus Covid-19 di 126 Kabupaten/Kota Disebabkan Klaster PTM Sekolah dan Takziah

Tenaga kesehatan bahkan menjadi prioritas utama lantaran termasuk bagian yang kemungkinan sering berhadapan dengan pasien terinfeksi virus corona.

Selanjutnya kelompok lansia didahulukan karena secara global fatality rate-nya paling tinggi, yakni 12 persen.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x