Kompas TV regional berita daerah

Tanggul Sungai Rusak, Sejumlah Rumah Warga Kota Kediri Terancam Ambles

Kompas.tv - 15 November 2021, 18:14 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

KEDIRI, KOMPAS.TV - Sejumlah rumah warga yang berada di tepi sungai Kedak, kecamatan Mojoroto, kota Kediri ini terancam longsor. Bagian pondasi rumah warga rusak akibat ikut tergerus oleh derasnya aliran sungai di awal musim hujan ini.

Di sepanjang aliran sungai Kedak ini ada 9 titik longsor yang telah terjadi. Tingginya curah hujan yang terjadi beberapa hari terakhir, membuat debit air sungai naik dan menggerus bagian tanggul sungai, serta mengancam permukiman warga.

“setelah kita turun kelapangan untuk melakukan pengecekan ternyata ada 9 titik longsor di sepanjang aliran sungai Kedak, namun yang peling berbahaya adalah di 3 titik karena lokasi longsor sangat dekat dengan permukiman warga” ungkap Muhammad Asfan, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Kediri.

Upaya pencegahan terjadinya kerusakan lebih parah pun telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Kediri. Bagian tanggul sungai yang mengalami ambles kini ditutup dengan menggunakan karung pasir dan bambu.

Warga yang rumahnya berada di tepi sungai Kedak diimbau agar terus waspada, mengingat curah hujan tinggi masih terus terjadi. Sehingga memungkinkan terjadinya bencana tanah longsor atau jebolnya tanggul sungai.

#kediri #Bencana #Longsor #Banjir #Beritakediri

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x