Kompas TV religi beranda islami

Doa Sapu Jagat, Doa Rutin yang Dibaca Nabi agar Selamat Dunia Akhirat

Kompas.tv - 14 November 2021, 12:45 WIB
doa-sapu-jagat-doa-rutin-yang-dibaca-nabi-agar-selamat-dunia-akhirat
Doa sapu jagat, doa yang sering dibaca Nabi Muhammad agar selamat dunia akhirat (Sumber: jcomp/freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Shahih Bukhari disebutkan sebuah doa rutin yang dibaca oleh Nabi Muhammad. Doa itu, dalam tradisi muslim Indonesia, disebut doa sapu jagat..

Doa ini menjadi jadi salah satu doa yang paling sering dibaca Rasulullah. Menjadi salah satu doa rutin beliau di antara doa-doa lain yang bisa kita amalkan. Ini sebagai upaya untuk meniru (uswah) segala tindakan maupun pribadi dari manusia paling sempurna itu. 

Kenapa disebut doa sapu jagat?

Disebut doa sapu jagat karena,  lewat  wasilah (perantara) doa ini diharapkan kelak mendapatkan keberkahan dan keselamatan dunia dan akhirat.

Diriwayatkan dari sahabat Anas, ia berkata, 'Kebanyakan doa yang dibaca Rasulullah SAW adalah 'Allahumma, atina fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar." (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam tradisi muslim di Indonesia seperti tahlil maupun wirid, doa ini biasanya dibacakan di akhir di antara doa-doa lain. Sebagai penutup sebelum mengaminkan doa-doa lain bersama jamaah, atau sendirian. 

Rasulullah saja meskipun sudah dijamin masuk surga-Nya tetap berdoa agar selamat dunia akhirat, mengapa kita manusia biasa sombong untuk tidak berdoa? 

Baca Juga: Doa yang Diaminkan Malaikat, Apa itu?

Bacaan Doa Sapu Jagat

Bacaan Doa sapu jagat agar mendapatkan kebaikan, serta keberkahan dunia dan akhirat (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks latin: Rabbanaa, aatinaa fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar

Artinya: "Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka."Semoga kita senantiasa mendapatkan keberkahan dan kebahagiaan dunia akhirat. Amin. Wallahu a’lam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x