Kompas TV regional berita daerah

BKSDA Aceh Tangkap Harimau Sumatera Liar yang Masuk Permukiman Warga

Kompas.tv - 13 November 2021, 09:26 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Satu ekor indukan harimau Sumatera liar yang sempat di rekam warga dari jarak dekat beberapa kali sejak satu bulan terakhir berhasil masuk kandang jebak atau box trap yang di pasang tim BKSDA Aceh. 

Saat ini harimau tersebut sedang dilakukan observasi terkait dugaan kelaianan prilaku  yang tak wajar, karena harimau tersebut mulai tak terganggu saat berdekatan dengan manusia dan turun ke pemukiman.

Satu ekor harimau liar yang sempat beberapa kali di rekam warga saat turun ke pemukiman warga  beberapa waktu lalu di Kabupaten Aceh Selatan, Aceh telah berhasil masuk kandang jebak yang di pasang oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh, Rabu kemarin.

Dari hasil analisis foto kamera trap, harimau tersebut di yakini merupakan individu harimau yang sempat muncul beberapa kali dan di rekam oleh warga. 

Baca Juga: Warga Nekat Selfie dengan 3 Harimau Liar di Aceh Selatan

Individu harimau yang masuk ke kandang perangkap tersebut juga menjadi target BKSDA Aceh, lantaran dinilai memiliki sifat yang tidak lazim seperti harimau liar lainnya, karena tidak takut berdekatan dengan manusia, sehingga pihak BKSDA mengambil sikap untuk menangkap dan melakukan observasi terhadap individu harimau tersebut.

Saat ini harimau tersebut di tempatkan di conservation respon unit atau CRU Trumon, Aceh Selatan, agar jauh dari aktifitas manusia dan lebih mudah untuk di lakukan observasi secara berkala, jika tidak ada kendala harimau tersebut akan kembali di lepas liarkan pada lokasi yang layak dan sesuai kriteria.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x