Kompas TV nasional politik

PDIP Tak Masalah Ada Relawan Puan-Ganjar: Itu Aset Politik

Kompas.tv - 12 November 2021, 05:35 WIB
pdip-tak-masalah-ada-relawan-puan-ganjar-itu-aset-politik
Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira. (Sumber: KOMPAS.com/Haryanti Puspa Sari)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pareira menyebut keberadaan para relawan yang mengusung sejumlah kader partainya menjadi calon presiden di 2024 adalah aset. 

Diketahui, saat ini terdapat sejumlah relawan yang telah mendeklarasikan dukungan untuk beberapa kader PDIP, seperti Puan Maharani, Ganjar Pranowo, hingga Budiman Sudjatmiko.

"Sekarang yang ada itu adalah aset. Dan tentu ke depan kita harap setelah putusan dari partai itu akan terjadi akumulasi untuk mendukung calon yang diusulkan oleh partai," kata Andreas di Jakarta, Kamis (11/11/2021). 

Sebab itu, menurut Andreas, partainya tidak mempersoalkan keberadaan para relawan yang telah mendeklarasikan dukugan bagi beberapa kader PDIP.

Andreas mengatakan fenomena relawan itu adalah hak politik masyarakat yang tentunya untuk mengekspresikan pendapat pandangannya tentang apa yang mereka pikir terbaik untuk bangsa dan negara.

Dia juga menyebut banyaknya aset yang mendukung sejumlah nama kader PDIP ini dinilai sebagai kekuatan baru bagi partai dengan pengelolaan yang tepat. 

Baca Juga: Megawati Minta Petunjuk Tuhan untuk Pilih Capres, PDIP: Dicari Sosok Melanjutkan Jokowi

"Macam-macam gerakan yang akan muncul, dan mungkin ke depan akan lebih banyak lagi kelompok-kelompok relawan dengan berbagai macam. Tetapi ini adalah dinamika dan proses politik yang biasa saja," ujarnya. 

"PDIP perjuangan ini kan sudah sangat berpengalaman soal itu, kan fenomena relawan itu kan kita lihat dari mulai tahun 2012 ketika Pilkada DKI dan bagaimana partai itu me-manage dengan baik sehingga bisa berjalan sinergis sehingga proses politik pada akhirnya calon yang diusung PDIP itu menang," tegas Andreas. 

Terkait siapa yang akan diusung di Pilpres 2024, Andreas mengaku hal itu belum diputuskan oleh PDIP. 

Dia menekankan bahwa keputusan soal Capres merupakan wewenang dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

"Kan belum diputuskan. Ini kan kita kan tunggu keputusan dari ketua umum partai," ungkapnya. 

Baca Juga: Sebut Puan Maharani Negarawan, Relawan: Disiapkan Jauh-Jauh Hari Malah Disodok Buzzer Ganjar

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x