Kompas TV nasional peristiwa

Jakarta Masuk Jajaran Kota dengan Respons Covid Terbaik di Dunia, Ini Kata Anies

Kompas.tv - 11 November 2021, 15:21 WIB
jakarta-masuk-jajaran-kota-dengan-respons-covid-terbaik-di-dunia-ini-kata-anies
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mendapatkan Gelar Kehormatan Toko Betawi, Minggu (31/10/2021). (Sumber: Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jakarta masuk ke dalam jajaran 50 kota dengan respons Covid-19 terbaik di dunia berdasarkan lembaga analitik asal London, Inggris, Deep Knowledge Analytics (DKA). 

Jakarta berada di peringkat ke-47 dunia, tepat di bawah kota Athena, Yunani dan di atas kota Ankara, Turki seperi dilansir dari dka.global.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mengatakan, salah satu indikator Jakarta bisa mendapat peringkat 47 dunia ialah karena target vaksinasi Covid-19 di Jakarta yang sudah tinggi. 

"Data dari 9 November 2021 menunjukkan hampir 11 juta orang di Jakarta sudah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama dan lebih dari setengah angka tersebut sudah menerima dosis kedua," kata Anies di acara Jakarta Investment Forum, Kamis (11/11/2021). 

Baca Juga: Masuk Jajaran Kota dengan Respons Covid Terbaik di Dunia, Ini Catatan Penanganan Corona Jakarta

Ia mengatakan, target vaksinasi ini juga menjadi salah satu alasan adanya pelonggaran dan penurunan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) menjadi level 1 di Jakarta. 

"Belakangan, regulasi PPKM di Jakarta sudah direlaksasi menjadi PPKM level 1 dari PPKM level 2 yang merupakan indikasi yang bagus terhadap progres kami menangani Covid-19," kata Anies. 

Karena itulah, katanya, Jakarta bisa masuk ke dalam jajaran 50 kota dengan respons Covid-19 terbaik di dunia. 

"Sebagai hasilnya, Jakarta masuk ke dalam jajaran top 50 kota dengan respons pengendalian Covid-19 terbaik," kata Anies. 

Baca Juga: Cemari Teluk Jakarta dengan Paracetamol, 2 Perusahaan Ini Kena Sanksi Administratif

Diketahui, variabel penilaian kota dengan respons Covid-19 terbaik ini meliputi tingkat vaksinasi Covid-19, manajemen perawatan kesehatan, dan paket dukungan ekonomi bagi warga terdampak pandemi.

Pada posisi puncak peringkat ini ada Abu Dhabi yang dinilai memiliki tingkat vaksinasi terbaik sedunia, kemudian disusul Singapura di urutan kedua dengan ketahanan ekonominya.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x