Kompas TV religi beranda islami

Tertulis dalam Alquran, Ini 5 Manfaat Buah Anggur untuk Tubuh, Bisa Lawan Kanker

Kompas.tv - 11 November 2021, 09:07 WIB
tertulis-dalam-alquran-ini-5-manfaat-buah-anggur-untuk-tubuh-bisa-lawan-kanker
Ilustrasi buah anggur yang juga tercatat sebagai buah dalam Alquran (Sumber: Howard Bouchevereau/unsplash)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mungkin tidak banyak yang tahu, buah anggur ternyata tertulis dalam Alquran. Buah anggur tercatat dalam surat An-Nahl ayat ke-11. An-Nahl artinya lebah.

An-Nahl adalah surat ke-16 dalam Alquran. Dalam surat ini juga disebutkan beberapa manfaat buah dan minuman yang memberikan manfaat bagi manusia. Anggur salah satunya.

Allah SWT berfirman dalam surat An-Nahl ini, yang artinya:

"Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untuk kamu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir," (An-Nahl ayat 11).

Baca Juga: 4 Jenis Buah Ini Tercatat dalam Al Quran, Rasanya Enak dan Gampang Ditemukan di Indonesia

Dilansir dari Kompas, berikut ini merupakan lima manfaat buah anggur jika dikonsumsi secara rutin. Mulai dari urusan tekanan darah tinggi hingga menyehatkan mata.

5 Manfaat Anggur bagi Tubuh

Mencegah Penyakit Kronis

Buah anggur ternyata potensial untuk mencegah beberapa penyakit kronis seperti diabetes hingga jantung. Kandungan antioksidan anggur seperti polifenol, vitamin C, beta-karoten, quercetin, lutein, likopen, dan asam ellagic yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kronis.

Lalu, anggur mana yang paling bagus? Kandungan antioksidan buah anggur merah lebih ternyata lebih banyak ketimbang anggur hijau atau warna lainnya.

Baca Juga: Madu Tercatat dalam Alquran sebagai Obat Segala Penyakit, Ini 3 Manfaatnya untuk Tubuh

Potensial Melawan Kanker

Dalam anggur terdapat i senyawa antioksidan resveratrol, quercetin, antosianin, dan katekin potensial untuk membantu mencegah sekaligus mendukung pengobatan penyakit kanker.

Antioksidan ini dalam penelitian ternyata bisa berpotensi untuk membantu melawan kanker dengan cara mengurangi peradangan, menghalangi pertumbuhan, dan penyebaran sel kanker.

Menurunkan Tekanan Darah

Ternyata dalam satu cangkir buah anggur yang diperas sarinya mengandung 288 miligram kalium. Jumlah ini mencukupi enam persen kebutuhan kalium harian tubuh.

Kalium dan mineral ini diperlukan untuk mengontrol kadar tekanan darah. Rajin mengonsumis buah anggur ini meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Hipertensi dalam Tekanan Darah

Membantu Mengurangi Kolesterol

Dalam sebuah penelitian kecil yang melibatkan 69 penderita kolesterol diuji, ternyata penderita yang makan tiga porsi anggur merah sehari selama delapan minggu terbukti memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) lebih rendah.

Untuk itulah, mengonsumi buah anggur bisa jadi alternatif untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Mata  

Buah anggur ternyata bisa membuat mata kian sehat. Buah ini juga bisa mencegah kerusakan retina, menurunkan risiko gangguan penglihatan degenerasi makula terkait usia, mencegah katarak dan glaukoma, serta melindungi mata dari kerusakan.

Itulah beberapa manfaat dari buah anggur, buah yang tercatat dalam Alquran yang rasanya manis dan memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

Sudahkah Anda makan anggur hari ini?



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x