Kompas TV internasional kompas dunia

Taliban Desak Mantan Pilot Tempur Angkatan Udara Afghanistan Tetap Tinggal dan Layani Negara

Kompas.tv - 11 November 2021, 01:35 WIB
taliban-desak-mantan-pilot-tempur-angkatan-udara-afghanistan-tetap-tinggal-dan-layani-negara
Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan, Taliban mendesak jajaran mantan pilot militer Afghanistan untuk tetap berada di negara itu, dengan mengatakan mereka dilindungi oleh amnesti nasional dan tidak akan menghadapi penangkapan. (Sumber: AP Photo/Rahmat Gul)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

ISLAMABAD, KOMPAS.TV — Pemerintahan Afghanistan di bawah Taliban mendesak jajaran mantan pilot militer Afghanistan untuk tetap berada di negara itu. Desakan itu dilontarkan dengan mengatakan bahwa mereka dilindungi oleh amnesti nasional dan tidak akan menghadapi penangkapan, seperti dilansir Associated Press, Rabu (10/11/2021).

Juru bicara pemerintah Taliban di Afghanistan, Zabihullah Mujahid memberikan jaminan tersebut setelah puluhan pilot tempur Afghanistan yang dilatih Amerika Serikat meninggalkan Tajikistan dalam evakuasi yang difasilitasi Amerika Serikat hari Selasa (9/11/2021), tiga bulan setelah mereka mencari perlindungan di Tajikistan menyusul pengambilalihan Afghanistan oleh kelompok Taliban.

Pilot Angkatan Udara Afghanistan memainkan peran kunci, bersama rekan-rekan mereka dari Amerika Serikat dalam perang 20 tahun melawan gerilyawan Taliban yang berakhir dengan kepergian seluruh pasukan asing dari Afghanistan pada pertengahan Agustus lalu.

Serangan udara yang dilancarkan pilot tempur Angkatan Udara Afghanistan saat itu memakan banyak korban di kalangan Taliban dan berulang kali mengusir mereka dari posisi yang sudah mereka rebut di berbagai bagian Afghanistan saat itu. 

Ketika pemerintah Afghanistan yang didukung AS runtuh dan Taliban mengambil alih pada pertengahan Agustus, puluhan pilot Afghanistan melarikan diri ke negara-negara Asia Tengah, termasuk Tajikistan dan Uzbekistan.

Tidak jelas berapa banyak pilot militer dan anggota kru yang tersisa di Afghanistan, tingkat risiko apa yang mereka hadapi atau sejauh mana jaminan Taliban dapat dipercaya.

Selama tiga bulan terakhir, ada beberapa laporan pembunuhan balas dendam oleh Taliban, tetapi tidak dalam skala besar dan terorganisir.

Baca Juga: Bersembunyi dari Taliban, Pilot AU Afghanistan Kecewa Tak Dipedulikan Amerika Serikat

Peta Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan. Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan Taliban mendesak jajaran mantan pilot militer Afghanistan untuk tetap berada di negara itu, dengan mengatakan mereka dilindungi oleh amnesti nasional dan tidak akan menghadapi penangkapan. (Sumber: mapcarta.com)

Seorang pejabat pertahanan Amerika Serikat memastikan pada hari Rabu sekitar 140 pilot, bersama dengan personel lainnya, diterbangkan dari Tajikistan ke Uni Emirat Arab satu hari sebelumnya.

Kemungkinan para pengungsi pada akhirnya akan datang ke Amerika Serikat, kata pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas operasi yang belum dipublikasikan.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x