Kompas TV entertainment film

Piala Citra FFI 2021: Jokowi Beri Apresiasi Film Indonesia yang Sabet Penghargaan Luar Negeri

Kompas.tv - 10 November 2021, 21:31 WIB
piala-citra-ffi-2021-jokowi-beri-apresiasi-film-indonesia-yang-sabet-penghargaan-luar-negeri
Presiden Jokowi berfoto bersama perwakilan tim produksi film Indonesia yang sabet penghargaan luar negeri. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dian Nita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo memberikan apresiasi bagi film-film Indonesia yang berhasil menyabet penghargaan luar negeri.

Hal itu disampaikan dalam sambutannya di malam anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2021 yang diselenggarakan pada Rabu (10/11/2021).

Ia mengungkapkan rasa bangga lantaran perfilman Indonesia berhasil jaya di kancah internasional meski dalam situasi pandemi Covid-19.

"Saya bangga, di masa pandemi, industri film Indonesia meraih banyak prestasi yang gemilang di dunia film internasional. Prestasi yang mengungguli negara-negara lain di Asia Tenggara," kata Presiden Jokowi dikutip Kompas TV.

Menurutnya, hal itu terwujud berkat ide cemerlang dari para pelaku industri film yang menyuguhkan beragam cerita.

Baca Juga: Jokowi Sahkan Gelar Pahlawan Nasional untuk Usmar Ismail di Piala Citra FFI 2021

"Menurut saya, sudut-sudut yang diambil yang kadang-kadang kita tidak mempunyai pikiran ke arah itu. Saya kira sebuah pandangan yang tajam yang diwujudkan dalam sebuah film yang sangat apik," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga memberikan pujian bagi film-film Indonesia yang mendapat nominasi dan penghargaan internasional.

"Saya sangat mengapresiasi film Indonesia berturut-turut memenangkan penghargaan tertinggi di festival-festival film terbaik dunia ada," ujar Jokowi.

Film-film tersebut antara lain, "Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas" yang disutradari Edwin berhasil menyabet penghargaan tertinggi di Locarno International Film Festival.

Ada pula film "Yuni", disutradari oleh Kamila Andini, yang meraih Platform Prize di Toronto International Film Festival (TIFF) 2021.

Baca Juga: Piala Citra FFI 2021: Nadiem Makarim Gembira Usmar Ismail Dinobatkan Jadi Pahlawan Nasional

Jokowi juga menyebutkan film "Laut Memanggilku" karya sutradara Tumpal Tampubolon yang memenangkan penghargaan Busan Internasional Film Festival.

Selanjutnya, ada "Dear To Me" film pendek karya Monica Tedja yang menyabet First Step Awards 2021 sebagai Best Short and Animated Film dan diputar pertama kali di Film Internasional Locarno.

"Ini sangat luar biasa bagi saya dan saya sangat mengapresiasi," ujar Jokowi.

Ia berharap industri perfilman Indonesia terus melahirkan karya-karya terbaik hingga bisa sukses di mata dunia.

Baca Juga: Film "Nussa" Sabet Piala Citra Kategori Animasi Panjang Terbaik

"Saya berharap, para sineas, para aktor, para aktris dan seluruh stakeholder perfilman Indonesia terus memupuk mimpi besar menguatkan kolaborasi dengan pusat pusat perfilman dunia. Menggali dan mengangkat cerita unik, tempat indah dan juga talenta-talenta hebat kita," ujar Jokowi.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x