Kompas TV internasional kompas dunia

Salip Jack Ma, Pengusaha AMDK Zhong Shanshan Menjadi Orang Terkaya China

Kompas.tv - 9 November 2021, 16:25 WIB
salip-jack-ma-pengusaha-amdk-zhong-shanshan-menjadi-orang-terkaya-china
Orang terkaya China, Zhong Shanshan. (Sumber: VCG via Kompas.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

BEIJING, KOMPAS.TV - Ekonomi China melalui masa yang penuh gejolak selama 12 bulan terakhir. Banyak perusahaan swasta China yang mencatatkan penurunan nilai saham.

Akan tetapi, periode bergejolak ini tidak menghentikan 100 orang terkaya China untuk meningkatkan kekayaan. Menurut Forbes, per November 2021, 100 orang terkaya China mencatatkan peningkatan kekayaan, total dari 1,38 triliun dolar AS menjadi 1,48 triliun.

Tahun 2021 pun menyaksikan perubahan susunan di daftar atas orang terkaya China. Kini, status orang terkaya China dipegang oleh Zhong Shanshan, pengusaha yang dikenal dengan produk air minum dalam kemasan (AMDK).

Baca Juga: Pemerintah China Hilangkan Nama Jack Ma dari Daftar Konglomerat

Zhong Shanshan, pemilik perusahaan AMDK Nongfu Spring, mencatatkan kekayaan 65,9 miliar dolar AS per November 2021.

Selain Nongfu Spring, Zhong Shanshan juga berinvestasi di perusahaan Beijing Wantai Biological Pharmacy. Saham perusahaan pemasok obat-obatan ini naik 76 persen dibanding setahun lalu.

Zhong Shanshan berhasil menyalip pendiri Alibaba, Jack Ma, dan CEO Tencent, Ma Huateng, yang bisnisnya terganggu setahun belakangan.

Jack Ma sendiri turun ke peringkat lima daftar orang terkaya China. Kekayaannya tahun ini mencapai 41,5 miliar dolar AS, turun cukup signifikan dibanding kekayaannya pada 2020 yang mencapai 65,6 miliar dolar AS.

Baca Juga: Dituding Monopoli, China Investigasi Perusahaan Milik Jack Ma Alibaba dan Ant Group


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x