Kompas TV nasional update corona

Waspada Varian Delta Plus dari Luar Negeri, Luhut: Masa Karantina Mungkin akan Jadi 7 Hari

Kompas.tv - 9 November 2021, 11:26 WIB
waspada-varian-delta-plus-dari-luar-negeri-luhut-masa-karantina-mungkin-akan-jadi-7-hari
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. (Sumber: Dokumentasi Humas Kemenko Marves)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan pemerintah akan sangat berhati-hati dalam mengantisipasi potensi masuknya varian virus corona AY.4.2 atau Delta Plus.

Ia karena itu menyoroti betul para pelaku perjalanan internasional yang akan masuk ke Indonesia. Terlebih, varian Delta Plus yang berasal dari Inggris sudah masuk ke Malaysia.

Baca Juga: Luhut Sebut Jokowi Titip Pesan Khusus soal PPKM: Belajar dari Lonjakan Kasus di Eropa

Untuk menghindari masuknya varian Delta Plus ke Indonesia, Luhut mengatakan pemerintah membuka kemungkinan untuk menambah masa karantina bagi pelaku perjalanan internasional.

Jika sebelumnya pelaku perjalanan internasional yang kembali ke Tanah Air harus melaksanakan karantina selama 3 hari, ke depan mungkin akan ditambah menjadi 7 hari. 

"Sekarang sudah ada dari Inggris masuk ke Malaysia, yakni varian delta AY.4.2 dan ini menurut saya harus kita waspadai," ujar Luhut, dalam konferensi pers melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin (8/11/2021).

Baca Juga: Dikarantina, Jokowi Minta Maaf Tak Bisa Buka Peparnas XVI, Janji Hadir saat Penutupan

"Jadi bukan tak mungkin nanti kalau orang datang dari luar, kita bisa lakukan mungkin karantinanya naik jadi 7 hari. Ini tidak tertutup kemungkinan.”

Luhut menuturkan, proses pengambilan keputusan soal kebijakan penanganan pandemi saat ini sudah berbasis sains.

Dengan kata lain, menurutnya, pemerintah telah memiliki data terkini dan sudah memahami bagaimana cara membaca data itu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x