Kompas TV nasional peristiwa

Jawab Pertanyaan Netizen, Wagub DKI Jelaskan Cara Kerja Sumur Resapan di Trotoar

Kompas.tv - 9 November 2021, 09:57 WIB
jawab-pertanyaan-netizen-wagub-dki-jelaskan-cara-kerja-sumur-resapan-di-trotoar
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (3/11/2021). (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, meluruskan kesalahpahaman mengenai penempatan sumur resapan (SR) di trotoar-trotoar jalan yang sebelumnya tersebar luas melalui video tentang pembangunan sumur resapan.

Pada video yang beredar sebelumnya, perekam video mengatakan proyek sumur resapan yang dibangun di atas trotoar oleh Pemprov DKI sebagai proyek bodoh.

"Lantas air dari mana yang akan masuk ke dalam kalau trotoarnya sendiri lebih tinggi dari permukaan jalan, ditambah sumur resapannya lebih tinggi terus air apa yang akan meresap ke dalam?" kata perekam video tersebut.

Riza menjelaskan bahwa apa yang dikatakan dalam video tersebut merupakan hal keliru karena sumur resapan akan tetap berfungsi untuk meresap air.

Baca Juga: Pemprov DKI: Pembukaan CFD Masih Tunggu Perkembangan Kasus Positif Covid-19

Cara kerjanya, jelas Riza, pertama, air akan masuk melalui tali-tali air ke bak kontrol di sisi trotoar berbentuk kotak.

"Air akan masuk (dari permukaan jalan) melalui tali-tali air ke bak kontrol yang (berbentuk) kotak," kata Riza melalui akun Instagramnya, @arizapatria, Selasa (9/11/2021).

Sebagai informasi, tali-tali air merupakan celah berbentuk kotak di dinding trotoar yang berbatasan langsung dengan permukaan jalan. Sementara itu, bak-bak kontrol itu dibuat persis bersebelahan dengan sumur resapan.

Selanjutnya, air akan disaring menggunakan penyaring sederhana sebelum masuk ke sumur resapan yang berbentuk bulat.

"Air (dari bak kontrol) akan disaring sebelum masuk ke sumur resapan yang berbentuk (bulat)," jelasnya.

Riza mengatakan model seperti ini sudah dipakai salah satunya di sumur resapan Gandaria City.

"Terima kasih untuk @dinas_sda dan Ibu Bapak kami petugas lintas dinas yg terus bekerja," tulis Riza.

Baca Juga: Sumur Resapan Tak Efektif Atasi Banjir, Pengamat Sarankan Bangun Retention Pond
Sebelumnya, Riza mengeklaim bahwa pembuatan sumur resapan yang tengah dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta berhasil berkontribusi untuk penanganan banjir dan genangan.

Pembuatan sumur resapan itu sangat membantu. Meski hujan cukup lebat dan cukup ekstrem, namun genangan tersebut bisa dengan cepat surut, kata Riza ketika ditemui wartawan di Balai Kota kemarin, Senin (8/11/2021).




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x