Kompas TV nasional politik

Beri Ucapan Selamat, Airlangga Sebut Andika Perkasa Miliki Visi Kuat di Bidang Siber

Kompas.tv - 7 November 2021, 18:49 WIB
beri-ucapan-selamat-airlangga-sebut-andika-perkasa-miliki-visi-kuat-di-bidang-siber
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan ucapan selamat kepada Andika Perkasa yang telah mendapat persetujuan dari Komisi I DPR untuk menjadi Panglima TNI.   (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengucapkan selamat kepada Jenderal TNI Andika Perkasa yang telah mendapat persetujuan dari Komisi I DPR untuk menjadi calon Panglima TNI sesuai usulan Presiden Joko Widodo.

Nantinya, Andika bakal menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun pada November 2021.

Ucapan selamat itu disampaikan oleh Airlangga dalam akun media sosial Instagram resminya @airlanggahartarto_official dengan mengunggah sejumlah foto kebersamaannya dengan Andika yang diambil Maret 2020 lalu. 

Dalam keterangan unggahaannya, Airlangga memberikan respons positif terhadap visi misi ketika menjabat sebagai Panglima TNI.  

Adapun salah satu yang dimaksud yakni visi dalam mendorong penguatan penguasaan TNI di dunia siber.

Airlangga yang juga Menteri Koordinator bidang Perekonomian mengaku mendukung realisasi visi Andika ketika menjabat sebagai panglima TNI nanti.

"Saya mendukung salah satu visi Jenderal Andika menyangkut persoalan kesiapan dan antisipasi TNI dalam menguasai dunia siber," kata Airlangga dalam akun Instagramnya, seperti dikutip Minggu (7/11/2021). 

Airlangga menuturkan, sempat diundang Andika untuk mengisi Kuliah Tamu di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) pada 2020 silam.

Pada kesempatan itu, dia memaparkan bahwa Indonesia memiliki bonus demografi terbesar, serta negara dengan ruang kenaikan digital ekonomi yang tumbuh secara konsisten melalui revolusi industri 4.0 dan Indonesia harus siap dengan transformasi sosial ekonomi dan digital ke depan.

Baca Juga: Zulkifli Hasan: Jenderal Andika Perkasa Panglima TNI Paling Top, Sayangnya...

Sebab itu, dia berpendapat visi Andika agar TNI menguasai bidang siber sangat cocok dengan transformasi sosial ekonomi ke depan.

Dia menekankan, penguasaan bidang siber tidak bisa dihindari, khususnya oleh prajurit dan institusi TNI.

" Apalagi kita sadari tantangan dan ancaman pertahanan ke depan adalah perang hibrida, termasuk di dalamnya adalah cyber warfare dan perang informasi," tegasnya. 

Lebih lanjut, Airlangga berharap agar tahapan berikut dalam proses Andika menuju TNI dapat berjalan dengan lancar.

"Harapan kami agar Jenderal Andika mampu menjaga dan meningkatkan profesionalisme TNI, menjalankan tugas sebagaimana amanat undang-undang, serta meningkatkan kesatuan antar matra di tubuh TNI, Angkatan Laut, Darat dan Udara, khususnya dalam berbagai operasi bersama menjaga keamanan negara-bangsa Indonesia yang kita cintai dan banggakan ini," jelasnya. 

Seperti diketahui, Andika mendapatkan persetujuan Komisi I DPR menjadi calon Panglima TNI usai menyelesaikan uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI di DPR, Sabtu (6/11/2021). 

Selanjutnya surat persetujuan yang ditandatangi oleh pimpinan Komisi I akan dibawa ke rapat paripurna DPR, Senin (8/11). 

Sementara itu, pada Minggu sore tadi, Andika menerima kunjungan dari Komisi I di kediamannya di Kawasan Senayan Residence, Jakarta.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka verifikasi faktual yang sudah disepakati dalam rapat internal.

Baca Juga: Kunjungi Rumah Jenderal Andika Perkasa, Komisi I DPR: Verifikasi Faktual Sekaligus Silaturahmi Aja




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x