Kompas TV regional peristiwa

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Mendadak Pingsan, Sebelumnya Lihat Atraksi Prajurit Keraton

Kompas.tv - 6 November 2021, 23:47 WIB
wamenparekraf-angela-tanoesoedibjo-mendadak-pingsan-sebelumnya-lihat-atraksi-prajurit-keraton
Detik-detik Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo pingsan saat jumpa pers dan ditolong oleh Pangageng Parentah Keraton Solo KGPH Dipokusumo, Sabtu (6/11/2021). (Sumber: KOMPAS TV/WIDI NUGROHO )
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

SOLO, KOMPAS.TV - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Herliani Tanoesoedibjo mendadak pingsan saat memberi keterangan kepada awak media terkait acara pembukaan atraksi budaya prajurit keraton di Kori Kamandungan Keraton Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/11/2021) sore.

Sebelumnya Angela sempat mengikuti rangkaian kegiatan yang dimulai 15.30 WIB. Kegiatan budaya untuk menarik wisatawan ini diawali dengan atraksi parade budaya prajurit Keraton Solo.

Usai melihat atraksi budaya prajurit keraton di Kori Kamandungan Keraton Solo, Angela Tanoesoedibjo beserta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Pangageng Parentah Keraton Solo KGPH Dipokusumo memberikan keterangan kepada wartawan. 

Baca Juga: Tugas Angela Tanoesoedibjo Sebagai Wamen: Promosi Pariwisata Indonesia

Namun di tengah jalannya jumpa pers, putri pertama Hary Tanoesoedibjo itu terhuyung dan pingsan.

Saat jumpa pers Angela mendapat kesempatan pertama menyampaikan sambutannya kepada media terkait launching atraksi prajurit keraton. Kemudian dilanjutkan Gusti Dipo panggilan KGPH Dipokusumo.

Dipo yang berada di samping kiri langsung menolong Angela yang sempoyongan dan hampir terjatuh.

Deputi Pengembangan Produk dan Penyelenggaraan Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Riski Handayani mengatakan, Angela mengalami kelelahan.

Baca Juga: Start dari Kota Solo, Ganjar dan Gibran Pimpin Sepedaan Tour de Borobudur ke-21

Menurut dia, sebelum ke keraton, Angela sempat berkunjung ke Rumah Atsiri Indonesia di Kabupaten Karanganyar dan di hari sebelumnya Angela ikut menghadiri kegiatan Kemenparekraf ke sejumlah daerah untuk mendorong kembali geliat pariwisata Tanah Air. 

Bahkan, sambung Riski, untuk acara ini, Wamenparekraf bersemangat untuk mengikuti.

"Beliau kelelahan sepertinya. Jadwal beliau juga sangat padat dari kemarin. Beliau juga sedang memantau semua kegiatan-kegiatan di Kemenparekraf terkait dukungan dan bantuan pemerintah, jadi energinya terkuras," ujarnya.

Pangageng Parentah Keraton Solo KGPH Dipokusumo menambahkan, pembukaan atraksi prajurit Keraton Solo tersebut untuk menjadi daya tarik wisatawan.

Baca Juga: Keraton Kasunanan Surakarta Beri Gelar Widura Nagara untuk Gibran Rakabuming Raka, Ini Artinya

"Sebetulnya prajurit-prajurit keraton juga atraksi budaya yang bisa ditampilkan untuk keperluan daya tarik wisata budaya," ujar Dipo.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x