Kompas TV regional agama

Berjumpa Rektor UI, Wapres Ma'ruf: Halal Center di Universitas Indonesia Percepat Ekosistem Syariah

Kompas.tv - 5 November 2021, 14:45 WIB
berjumpa-rektor-ui-wapres-ma-ruf-halal-center-di-universitas-indonesia-percepat-ekosistem-syariah
Wapres Ma'ruf Amin dalam sebuah acara. Wapres memuji keberadaan Halal Center di UI yang dianggap mempercepat ekosistem syariah di Indonesia. (Sumber: Dokumentasi resmi Setwapres)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berjumpa secara virtual dengan Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro, dan membahas banyak hal terkait syariah dan pengembangan universitas.

Dalam obrolan itu, Wapres juga menyebut soal pusat kajian halal yang ada di kampus UI, Depok, Jawa Barat itu.

Pusat Kajian Halal Universitas Indonesia yang bernama UI Halal Center itu, menurut Wapres, dapat mempercepat ekosistem pengembangan syariah di Indonesia. Ia pun memuji lembaga yang didirikan sejak tahun 2017 itu.

"Kehadiran UI Halal Center menjadi sangat penting untuk bisa mempercepat pengembangan ekosistem syariah, baik di industrinya maupun di sertifikasinya, lembaga pemeriksanya, kemudian juga penyiapan auditornya," jelas Ma'ruf seperti dikutip Antara, Kamis (4/11/2021).

Baca Juga: Kemenag dan Universitas Indonesia Jalin Kerjasama Program Moderasi Beragama

Wapres juga menambahkan, keterlibatan perguruan tinggi seperti UI menjadi penting guna mendukung pemerintah. Apalagi terkait dengan literasi syariah, khususya sektor ekonomi dan keuangan.

"Keterlibatan perguruan tinggi menjadi sangat penting," kata Wapres.

Sementara itu, Ari Kuncoro mengatakan UI Halal Center bertujuan membawa tren halal menjadi gaya hidup yang dijalankan oleh masyarakat sehari-hari.

"Ini kalau bisa dikembangkan, bisa menjadi tren seperti hidup sehat, makan sehat, makan yang tidak berlebihan, halal," ujar Ari.

Baca Juga: Didatangi Iluni UI, Menag Yaqut: Kampus Juga Butuh Rumah Ibadah

Dikutip dari situs resmi UI, UI Halal Center merupakan sebuah usaha UI untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan UU No. 33 Tahun 2014 yang mengharuskan pemerintah menyelenggarakan Jaminan Produk Halal (JPH).

Melalui UI Halal Center ini, UI akan menjadi salah satu center of excellence Lembaga Pemeriksa Halal di Indonesia, Asia Tenggara dan dunia—mengingat Indonesia adalah negara berpenduduk mayoritas muslim terbesar di dunia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x