Kompas TV regional berita daerah

PT KAI Siapkan AMUS untuk Hadapi Banjir di 9 Stasiun Jalur Pantura

Kompas.tv - 5 November 2021, 14:36 WIB
pt-kai-siapkan-amus-untuk-hadapi-banjir-di-9-stasiun-jalur-pantura
Rel jalur utara kereta api di Desa Losari Kidul, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terendam banjir luapan Sungai Cisanggarung, Sabtu (24/2/2018). (Sumber: Kompas.TV/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

CIREBON, KOMPAS.TV – Menghadapi puncak musim hujan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 3 Cirebon menyiapkan sejumlah langkah mitigasi bencana banjir di pelintasan kereta.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Suprapto mengatakan, alat material untuk siaga (AMUS) disiapkan di sembilan titik strategis. Titik ini tersebar di Stasiun Pabuaran, Stasiun Pagaden Baru, Stasiun Telagasari, Stasiun Jatibarang, Stasiun Cirebon, Stasiun Prujakan, Stasiun Luwung, Stasiun Sindanglaut, dan Stasiun Ciledug.

”Alat material untuk siaga disiapkan sampai dirasa kondisi cuaca aman,” kata Suprapto, Jumat (5/11/2021), di Cirebon, Jawa Barat.

Alat material untuk siaga tersebut terdiri dari mesin pemadat badan rel, ekskavator, kricak, potongan rel, hingga potongan suku cadang jembatan. Berbagai material itu disiagakan untuk mencegah pelintasan kereta terendam banjir.

Selain material, pihaknya juga menyiagakan 50 petugas penilik jalan (PPJ) ekstra dan 14 petugas posko daerah rawan ekstra selama 24 jam. Mereka bertugas, antara lain, mengamankan dan memantau kondisi jalur rel, terutama titik rawan banjir.

”Terdapat tiga titik lokasi yang berpotensi banjir di Daop 3 Cirebon,” ujarnya. Daerah itu adalah Kilometer 86-87 di Stasiun Cikampek-Stasiun Tanjungrasa, Kilometer 174-177 antara Stasiun Tanjung-Stasiun Brebes, serta Kilometer 185-187 antara Stasiun Losari-Stasiun Tanjung.

Baca Juga: Hati-hati Penipuan Berkedok Rekrutmen Pegawai, PT KAI Imbau Masyarakat Agar Lebih Teliti

Adapun wilayah Daop 3 Cirebon membentang di 30 stasiun dari Stasiun Tanjungrasa di Subang, Stasiun Jatibarang (Indramayu), Stasiun Cirebon, Stasiun Brebes, hingga Stasiun Songgom. Jalur pelintasan Daop 3 Cirebon mencapai 549 kilometer.

Diterpa banjir

Banjir parah pernah terjadi antara Stasiun Losari dan Stasiun Tanjung pada Februari 2018. Jalur itu terendam luapan Sungai Cisanggarung.

Akibatnya, jalur utara lumpuh selama 24 jam. Jalur selatan juga tak beroperasi sekitar 6 jam. Belasan perjalanan KA terhambat. Bahkan, KA barang terlambat hingga 11 jam, dilansir dari Kompas.

Mengingat, wilayah Daop 3 Cirebon kerap dilintasi kereta lantaran berada di jalur yang menghubungkan Jakarta dan sejumlah wilayah di Pulau Jawa, PT KAI terus memantau ramalan cuaca di wilayah Daop 3 Cirebon yang diperbarui setiap hari.

”Kami juga berharap peran serta masyarakat di sekitar jalur kereta api untuk membantu keselamatan dan kelancaran perjalanan KA,” tutur Suprapto.

Adapun, prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Meteorologi Kertajati, Ahmad Faa Izyin, mengatakan, curah hujan sedang hingga lebat diperkirakan terjadi pada November di wilayah Cirebon dan sekitarnya.

 ”Curah hujannya di atas 150-500 milimeter per hari,” katanya.

Baca Juga: Ini 2 Aturan Baru Buat Calon Penumpang Kereta Api Perjalanan Jauh dan Lokal

 



Sumber : Kompas TV/Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x