Kompas TV nasional politik

TB Hasanuddin Beberkan 6 Calon KSAD yang Akan Menggantikan Andika Perkasa

Kompas.tv - 4 November 2021, 15:04 WIB
tb-hasanuddin-beberkan-6-calon-ksad-yang-akan-menggantikan-andika-perkasa
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa meninjau latihan gabungan Garuda Shield ke-15 Tahun 2021 antara TNI AD dan US Army di Makalisung, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Senin, (9/8/2021).(Dispenad) (Sumber: -)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin mengatakan, setidaknya kini ada enam calon kuat yang akan menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Andika Perkasa. 

Seperti diketahui, kini Jenderal Andika Perkasa dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi calon Panglima TNI. 

"Persyaratannya (menjadi KSAD) itu apa? Tentu adalah perwira yang masih dinas jadi belum pensiun, atau perwira aktif, berpangkat letnan jenderal (Letjen), karena dari letjen bintang tiga enjadi bintang 4 menjadi menarik ini ada 6 Letjen," kata TB Hasanuddin di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (4/11/2021). 

Baca Juga: Sosok KSAD Ideal Pengganti Jendral TNI Andika Perkasa Menurut Pengamat Militer, Termasuk Wamenhan

Politikus PDIP itu menjelaskan, enam kandidat kuat menjadi KSAD ialah Wakasad Letjen Bakti Agus; Pangkostrad Letjen Dudung Abdurachman; Kepala Staf Umum TNI Letjen Eko Margiyono; Kepala BAIS TNI Letjen Joni Supriyanto; Komandan Pusat Teritorial TNI AD Letjen Teguh Arief Indratmoko; dan Komandan Pusat Persenjataan Infanteri TNI AD Letjen Arif Rahman.

"Ada letjen yang lain tapi beliau korpnya dari struktur jabatan yang diembannya saya kira berbeda dengan ke enam orang ini," ujarnya. 

Ia menyebut, tradisinya sekarang biasanya kasad itu adalah mereka yang bintang tiga diangkat dari Wakasad atau Pangkostrad 

"itu yang sudah-sudah seperti itu jadi yang ada di sini memenuhi persyaratan dari kebiasaan kecuali misalnya ada petunjuk lain ya itu satu adalah letjen Bakti Agus Wakasad, dan Letjen Dudung Pangkostrad," kata dia. 

Baca Juga: Komentar Jusuf Kalla soal Andika Perkasa Calon Panglima TNI, Dukung Secara Moral

Meski begitu, lanjut dia, nantinya Panglima TNI yang baru memiliki hak prerogatif untuk mengajukan nama kepada Presiden Joko Widodo yang diajukan menjadi calon KSAD. 

"Dua itu memenuhi persyaratan kemungkinan, tapi menurutnya ya menurut Pak Presiden dan Panglima TNI," kata dia.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x