Kompas TV nasional peristiwa

Umumkan Andika Perkasa Calon Panglima TNI, Puan Disambut Tepuk Tangan

Kompas.tv - 3 November 2021, 16:59 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPR RI, Puan Maharani, mendapat tepuk tangan saat mengumumkan nama Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto.

Baca Juga: Pilih Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI, Jokowi Cari Aman dari Eskalasi Politik 2024

Momen tersebut terjadi saat Puan membacakan pernyataan resmi, usai menerima Surat Presiden (Supres) dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno terkait calon Panglima TNI, di gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (3/11/2021).

"Presiden pada suratnya mengusulkan hanya satu nama calon Panglima kepada DPR RI untuk dapat mendapatkan persetujuannya. Karena itu pada hari ini melalui pak Mensesneg, Presiden telah menyampaikan Surat Presiden mengenai usulan calon Panglima TNI kepada DPR RI atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa SE., MA., MSc.," ucap Puan yang disambut tepuk tangan.

Baca Juga: Masa Kerja Andika Perkasa Cuma Setahun, Istana Tak Mempermasalahkan

Presiden Joko Widodo resmi menunjuk KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Presiden (Supres) yang diserahkan langsung oleh Mensesneg Pratikno kepada pimpinan DPR RI. 

Pergantian Panglima TNI dilakukan karena Marsekal Hadi Tjahjanto akan segera memasuki masa pensiun dari dunia kemiliteran pada November 2021, setelah berusia 58 tahun pada 8 November 2021.

Video Editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x