Kompas TV internasional kompas dunia

Kuras Tabungan Beli Koin SQUID, Pria Ini Malah Rugi Hampir Rp400 Juta

Kompas.tv - 3 November 2021, 15:33 WIB
kuras-tabungan-beli-koin-squid-pria-ini-malah-rugi-hampir-rp400-juta
Drama Korea Squid Game tayang di Netflix meraih kesuksesan di seluruh dunia. Drama ini bahkan menginspirasi dibuatnya aset kripto bernama koin SQUID yang nilainya sempat mencapai puluhan juta rupiah per keping. Namun pengembang koin SQUID membawa kabur dana investor dan kini harga SQUID mendekati Rp0 per keping (3/11/2021). (Sumber: Netflix)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Berharap bisa untung besar dari investasi kripto, seorang warga China malah rugi ratusan juta rupiah. Bernard, nama samaran seorang investor asal China, menguras seluruh tabungannya untuk berinvestasi di aset kriptografi SQUID.

Ia menggunakan nama samaran karena pemerintah China melarang investasi kripto. Koin SQUID sendiri diberi nama sesuai judul drama Korea Selatan yang tayang di Netflix, Squid Game.

Mengutip dari Kompas.com, Rabu (3/11/2021), Bernard pertama kali mengetahui tentang koin SQUID dari berita di Google. Tanpa mencari tahu lebih lanjut, ia langsung tertarik dan menghabiskan seluruh tabungannya sebesar 28.000 dollar AS atau sekitar Rp394,8 juta untuk membeli SQUID.

Awalnya, harga SQUID memang meroket hingga mencapai 2.860 dollar AS per keping atau sekitar Rp40,32 juta pada perdagangan Senin (1/11). Namun kini, koin tersebut tidak ada harganya atau mendekati Rp0.

Baca Juga: Tergiur Keuntungan dari Shiba Inu hingga Bitcoin? Simak Dulu Tips Investasi Kripto

"Satu-satunya keputusan saya yang sangat terburu-buru untuk membeli koin tersebut yakni, Squid Game sedang sangat populer saat ini, dan koin terkait dengan hal itu juga pasti sangat populer saat ini," kata Bernard.

"Ini adalah tragedi, saya tidak tahu cara untuk menutupi kerugian ini," tambahnya.

Saat ini Bernard kebingungan karena tidak punya uang lagi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, sedangkan ia adalah kepala keluarga.

Sejak awal dirilis, banyak keanehan yang meliputi koin SQUID. Mulai dari pengakuan investor pemilik koin yang tidak bisa menjualnya kembali di pasar, hingga pengembang koin SQUID yang membawa kabur dana milik investor.

Baca Juga: Shiba Inu dan Dogecoin Berkejaran Demi Jadi Aset Kripto Terbesar ke-9 di Dunia

“Squid Game Dev tidak ingin melanjutkan proyek karena kami tertekan dari scammers dan diliputi stres,” ujar pengembang SQUID lewat akun Telegram mereka yang sekarang memiliki lebih dari 89.000 anggota.

Pengembang koin SQUID diperkirakan membawa kabur uang investor sebesar 2 juta hingga 3 juta dollar AS.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x