Kompas TV nasional politik

Pimpinan DPR Setuju Pembentukan Pansus Garuda Indonesia, Cari Solusi Penyelamatan

Kompas.tv - 2 November 2021, 11:11 WIB
pimpinan-dpr-setuju-pembentukan-pansus-garuda-indonesia-cari-solusi-penyelamatan
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas.tv)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar menyatakan, dirinya menyetujui adanya gagasan pembentukan panitia khusus (pansus) untuk mencari solusi penyelamatan PT Garuda Indonesia Tbk. 

Menurut dia, langkah tersebut merupakan bagian dari langkah cepat dan efektif untuk menyelesaikan masalah di perusahaan pelat merah tersebut. 

Baca Juga: Politikus PKS Minta DPR Bentuk Pansus Garuda Indonesia

“Saya sangat setuju ya, DPR untuk mengambil langkah-langkah cepat, efektif, dan tepat sasaran. Sasarannya adalah membersihkan Garuda, menyelamatkan Garuda, atau sekaligus mencari solusi,” kata pria yang karib disapa Cak Imin seperti dikutip dari laman dpr.go.id, Selasa (2/11/2021). 

Meski terbilang cukup terlambat menangani permasalahan Garuda, namun Cak Imin mendesak untuk menyelamatkan aset-asetnya terlebih dahulu. 

“Yang kedua, follow up dari ancaman pailit. Pailitnya sudah di depan mata,” ujarnya. 

Sebelumnya, Anggota Komisi VI DPR RI Amin AK meminta legislatif membentuk pansus dalam menangani permasalahan yang menimpa PT Garuda Indonesia Tbk. 

Politikus PKS itu menjelaskan, pansus yang dibentuk nantinya dapat mengungkap seluruh permasalahan yang terjadi di perusahaan pelat merah tersebut.  

“Saya Amin AK melalui forum ini mendesak DPR RI membentuk pansus untuk menangangi kasus yang terjadi di PT Garuda Indonesia. Agar persoalan pelanggaran terhadap prinsip-prinsip good coorporate governance terungkap secara terang menderang,” kata Amin AK dalam rapat paripurna di Gedung DPR, Jakarta, Senin (1/11/2021). 

Baca Juga: Geliat Garuda Indonesia yang Terancam Bangkrut: Antar Komoditas Ekspor ke Dubai dan China

Selain itu, dirinya mendesak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit secara menyeluruh terhadap PT Garuda Indonesia. Hal ini dinilai penting untuk menghindari praktik penyimpangan di badan usaha milik negara lainnya. 
 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x