Kompas TV regional peristiwa

BMKG Prediksi, Hari Ini Seluruh Wilayah di DIY Akan Diguyur Hujan Lebat hingga Malam

Kompas.tv - 1 November 2021, 12:13 WIB
bmkg-prediksi-hari-ini-seluruh-wilayah-di-diy-akan-diguyur-hujan-lebat-hingga-malam
Ilustrasi: Seluruh wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diprediksi akan diguyur hujan pada hari ini, Senin (1/11/2021) dari siang hingga malam hari. (Sumber: kompas.com/kulkann)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Seluruh wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diprediksi akan diguyur hujan pada hari ini, Senin (1/11/2021) dari siang hingga malam hari.

Dilansir dari website resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan intensitas sedang akan mengguyur Kabupaten Bantul, Kulon Progo dan Gunungkidul pada siang hari.

Sedangkan untuk wilayah Sleman dan Kota Yogyakarta diprediksi berpotensi terjadi hujan petir.

Kemudian saat malam hari, BMKG memprediksi terjadinya hujan dengan intensitas ringan di seluruh kabupaten/kota di DIY.

Lebih jauh, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di seluruh wilayah DIY.

"Waspada potensi hujan sedang - lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Sleman, Kota Yogyakarta, Bantul, Gunung Kidul dan Kulon Progo," bunyi peringatan dini di laman resmi BMKG.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini 1 November 2021: Jakarta Disambut Hujan Petir di Awal Bulan

Lalu pada dini hari nanti, wilayah Bantul dan Kulon Progo masih diguyur hujan namun dengan intensitas ringan. Sedangkan Sleman, Gunungkidul, dan Kota Yogyakarta cuaca berubah menjadi berawan.

Adapun prakiraan cuaca ini berlaku mulai 1 November 2021 Pukul 07.00 WIB hingga 2 November 2021 pukul 07.00 WIB.

Sementara itu, suhu di DIY hari ini berkisar pada 21-31 derajat celcius dengan kelembaban udara antara 70-95 persen.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada terhadap potensi bencana yang terjadi. Serta, tetap berhati-hati saat melakukan aktivitas di luar rumah.

Selain itu, BMKG juga merilis dampak yang diprediksi akan terjadi dan harap untuk diantisipasi antara lain terjadi longsor atau guguran bebatuan dalam skala kecil.

Lalu, terjadi aliran puing, lahar atau lumpur dalam skala kecil. Banjir menggenangi sebagian jalanan dan permukiman dan gangguan skala kecil dan jangka pendek pada layanan air bersih serta listrik.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, BMKG Tetapkan 6 Provinsi Ini Siaga Banjir



Sumber : BMKG



BERITA LAINNYA



Close Ads x