Kompas TV nasional politik

PDIP: Jangan Bawa Kontestasi Pilpres Saat Ini, Kasihan Presiden Jokowi

Kompas.tv - 1 November 2021, 01:05 WIB
pdip-jangan-bawa-kontestasi-pilpres-saat-ini-kasihan-presiden-jokowi
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. PDIP fokus membantu Presiden Jokowi menangani pandemi. (Sumber: Ihsanuddin/Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memastikan belum akan menentukan bakal calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024.

Capres dari PDIP akan ditentukan sendiri oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"(Capres) masih jauh, karena Bu Mega yang nanti menentukan," tegas Sekjen PDIP Hasto Kristianto dalam Rakor Pra-Rakernas di Kantor DPP PDIP, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (31/10/2021).

Megawati Soekarnoputri akan menentukan capres dan cawapres sesuai dengan mandat kongres partai.

Menurut Hasto, saat ini bukan momentum untuk menentukan capres PDIP. Pada saatnya nanti, di momentum yang tepat, capres PDIP akan disampaikan.

Sesuai pengalaman pada 2014 silam, PDIP menentukan Jokowi sebagai capres pada bulan Maret 2014, sementara Pilpres bergulir pada bulan Juni.

Baca Juga: Megawati: Tak Ada Aturan yang Menghalangi PDIP Menang Pemilu Terus-menerus

PDIP juga tidak akan terpancing hasil survei mengenai kandidat-kandidat kuat yang akan bertarung dalam Pilpres 2024 mendatang.

Saat ini fokus PDIP adalah mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menangani masalah ekonomi rakyat.

"Jangan bawa kontestasi sejak awal. Kasihan Presiden Jokowi. Karena Presiden Jokowi, begitu pandemi turun, gerak cepat ke seluruh wilayah," tutur Hasto.

Oleh karena itu, kata Hasto, kader partai juga dikonsolidasikan untuk mendukung Presiden Jokowi menangani persoalan pandemi.

"Yang penting seluruh jajaran partai bergerak melakukan konsolidasi ditengah rakyat. Ini kan persoalan pandemi, kita bantu Presiden Jokowi recovery terkait segala hal akibat pandemi. Khususnya ekonomi."

"Tanggung jawab presiden ke depan tidak ringan. Harus ada kesinambungan dengan Presiden Jokowi menghadapi berbagai tantangan. Bergerak cepat," tegas Hasto.

Baca Juga: Kader Potensial Tak Hanya Puan dan Ganjar, Pengamat Sarankan PDIP Gelar Konvensi Capres

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x