Kompas TV nasional wawancara

Indonesia Dipercayai Pegang Presidensi G20 2022

Kompas.tv - 31 Oktober 2021, 16:50 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Sejumlah agenda mewarnai KTT negara-negara G20 di Roma. Indonesia serta Amerika Serikat mendukung sejumlah agenda diantaranya kesigapan mengatasi pandemi masa depan serta perjanjian pajak korporasi minimum 15 persen.

Setelah Italia tampuk presidensi G20 berada di tangan Indonesia.

Itu artinya, Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan pertemuan negara-negara anggota G20 pada tahun 2022 mendatang.

Presiden Joko Widodo tiba di Kota Roma Italia untuk menghadiri sejumlah rangkaian konferensi tingkat tinggi G20.

Hari pertama di Roma, Presiden juga akan menghadiri sesi acara mengenai ekonomi dan kesehatan global serta bertemu dengan enam pemimpin negara sahabat.

Tuan rumah KTT G20, Mario Draghi, membuka forum dengan seruan tajam untuk melipatgandakan upaya mendapatkan vaksin bagi negara-negara miskin di dunia.

Draghi menggarisbawahi bahwa 70 persen orang di negara-negara kaya telah menjalani vaksinasi Covid-19. Sementara, hanya 3 persen rakyat negara-negara termiskin yang telah divaksinasi.

Baca Juga: Rantai Pasokan Global Pasca Pandemi Macet, AS Kumpulkan Beberapa Negara G20 untuk Cari Solusi

Para pemimpin G20 menyuarakan dukungan mereka terhadap kesepakatan pajak minimum perusahaan.

Melansir dari voaindonesia.com, Berdasarkan kesepakatan, negara-negara akan menerapkan tarif minimum pajak perusahaan global sebesar 15 persen bagi perusahaan dengan pendapatan tahunan sebesar lebih dari $870 juta. Sementara, perusahaan-perusahaan multinasional besar wajib membayar pajak di tempat mereka beroperasi, bukan hanya di mana kantor pusat mereka berada.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x