Kompas TV nasional peristiwa

Sie Kong Lian, Sosok Tionghoa di Balik Sumpah Pemuda

Kompas.tv - 29 Oktober 2021, 23:51 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Sumpah Pemuda diikrarkan pemuda-pemudi lintas suku, agama, dan ras.

Sejarah mencatat ada peran penting seorang warga keturunan China atau Tionghoa sehingga kongres pemuda yang menghasilkan Sumpah Pemuda bisa terselenggara.

Di balik gedung Museum Sumpah Pemuda yang masih tegar berdiri ini, ada sosok Sie Kong Lian, warga Indonesia keturunan Tionghoa.

Sosok pedagang kasur di sebuah pasar di Jakarta itulah yang menjadi pemilik bangunan yang kini menjadi Museum Sumpah Pemuda.

Setelah Indonesia merdeka, Sie Kong Lian beberapa kali menyatakan keinginannya pada keluarga agar bangunan miliknya tersebut diserahkan kepada negara.

Meski pihak keluarga secara ekonomi juga sangat membutuhkan, namun karena punya nilai sejarah yang tinggi, keluarga akhirnya mengamini keinginan Sie Kong Lian dan jadilah Museum Sumpah Pemuda.

Baca Juga: Semangat Sumpah Pemuda Ala Menteri Nadiem Makarim

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x