Kompas TV nasional peristiwa

Antisipasi Mobilitas Warga di Libur Nataru, Provinsi Diminta Tingkatkan Vaksinasi Covid-19

Kompas.tv - 29 Oktober 2021, 04:05 WIB
antisipasi-mobilitas-warga-di-libur-nataru-provinsi-diminta-tingkatkan-vaksinasi-covid-19
Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito (Sumber: Dok. Humas BNPB)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, Satgas Covid 19 berharap provinsi terus meningkatkan capaian vaksinasi penduduknya. Hal ini untuk mengurangi potensi naiknya kasus Covid-19, akibat naiknya mobilitas warga.

“Pada periode Natal dan Tahun baru mendatang penting untuk memastikan masyarakat mendapatkan perlindungan maksimal terhadap Covid-19 melalui vaksinasi dosis penuh,” kata Juru Bicara Satgas Covid 19 Pemerintah Wiku Adisasmito, Kamis (28/10/2021).

Wiku mengatakan berdasarkan data Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) pada 24 Oktober 2021, vaksinasi dosis pertama di Indonesia mencapai 54,27 persen.

Baca Juga: Tren Kunjungan Mal Meningkat, Pemerintah Ingatkan Disiplin Prokes Jelang Libur Nataru

Sedangkan vaksinasi dosis kedua, mencapai 33,18 persen. Sementara itu, ada 13 provinsi yang cakupan vaksinasi dosis keduanya sudah mencapai 30 persen lebih.

13 provinsi yang cakupan vaksinasi dosis kedua sudah lebih dari 20 persen antara lain DKI Jakarta,  Bali, Kepulauan Riau,  Bangka Belitung,  Banten,  Kalimantan Timur,  Jambi,  Jawa timur Sulawesi Utara,  Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bahkan di DKI,  Bali dan Daerah Istimewa Yogyakarta, sudah 50% penduduknya mendapatkan vaksin dosis penuh.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Turun, Walikota Minta Warga Tidak Abai Protokol Kesehatan

“Kami apresiasi upaya pemerintah daerah dan sikap kooperatif dari masyarakat di provinsi yang saya sebutkan karena turut berkontribusi dalam capaian ini,” tuturnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x