Kompas TV regional berita daerah

Kabupaten Madiun Rawan Bencana Banjir Dan Longsor

Kompas.tv - 25 Oktober 2021, 18:08 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV - Memasuki musim penghujan, sebagian besar wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, rawan terjadi bencana Hidrometeorologi, seperti banjir dan tanah longsor. Sebagai antisipasi, ratusan personel gabungan disiagakan.

Sebagian besar wilayah kabupaten Madiun, Jawa Timur, berpotensi terjadi bencana alam ketika memasuki musim penghujan. Mengantisipasi bencana hidrometeorologi, pemerintah kabupaten Madiun melakukan berbagai kesiapan, termasuk mitigasi bencana.

Ratusan personel gabungan, diterjunkan dalam apel kesiapsiagaan bencana yang dilaksanakan di desa Sumberbendo, Saradan, Senin (25/10/2021) pagi. Selain kesiapan personil, berbagai sarana dan prasarana untuk penanggulangan kebencanaan juga di cek secara keseluruhan. 

Di kabupaten Madiun sendiri terdapat sejumlah wilayah yang rawan terjadi bencana Hidrometeorologi, seperti hujan intensitas tinggi, puting beliung, banjir, dan tanah longsor. 

Sementara sejumlah titik yang berpotensi bencana banjir dan longsor di madiun sejauh ini juga telah dilakukan pemetaan. Diantaranya di wilayah kecamatan Saradan, Mejayan, Pilangkenceng, Balerejo, Wungu, Dagangan, dan kecamatan Kare.

Peran serta masyarakat dalam  penanggulangan bencana juga sangat diperlukan, terutama untuk menaggulangi bencana banjir yang sering kali terjadi akibat pembuangan sampah yang tidak terkontrol. Untuk itu selanjutnya tim secara bersama sama akan melakukan pembersihan di seluruh aliran dimulai dari hilir hingga hulu sungai.

#beritamadiun

#rawanbencana

#banjir

#longsor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x