Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Tak Terjamah Uang Baru, BI Lakukan Ekspedisi Wilayah Terluar untuk Penggantian

Senin, 25 Oktober 2021 | 16:17 WIB
tak-terjamah-uang-baru-bi-lakukan-ekspedisi-wilayah-terluar-untuk-penggantian
Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Kakap 811 bertolak dari dermaga TNI AL di Bitung, Sulawesi Utara, untuk menuju pulau-pulau terluar di wilayah Kepulauan Talaud, Minggu (24/10/2021), dalam rangka ekspedisi layanan kas keliling Bank Indonesia. (Sumber: Kompas.id/Kristian Oka Prasetyadi)

BITUNG, KOMPAS.TV – Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Sulawesi Utara tengah melakukan penggantian uang rupiah yang sudah tidak layak pakai dengan yang baru di wilayah terluar Indonesia.

Mengingat, kepastian beredarnya rupiah di wilayah perbatasan akan mempertegas kehadiran negara serta memperlancar kegiatan ekonomi.

Ekspedisi layanan kas keliling Bank Indonesia (BI) akan menyinggahi empat pulau terluar di wilayah Kepulauan Talaud mulai Minggu hingga Jumat (24-29/10/2021). Empat pulau tersebut antara lain tersebar di Pulau Salibabu, Kabaruan, Karakelang, dan Miangas.

Tim terdiri dari belasan karyawan Bank Indonesia (BI) serta 50 anak buah Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Kakap 811 milik TNI Angkatan Laut, kapal yang digunakan dalam ekspedisi.

Kepala Kantor Perwakilan BI Sulut Arbonas Hutabarat mengatakan, masyarakat dan bank-bank di keempat wilayah dapat menukarkan uang kertas nominal berapa pun dengan yang baru. BI menargetkan nilai yang ditukarkan mencapai Rp 2 miliar-Rp 3 miliar.

”Ini adalah upaya kami untuk menerapkan kebijakan clean money (penyegaran uang),” katanya, dikutip dari Kompas.id, Senin (25/10/2021).

Menurut Arbonas, program kas keliling di pulau-pulau terluar Sulut adalah upaya untuk meningkatkan pemahaman, kecintaan, dan kebanggaan masyarakat akan rupiah di perbatasan utara Indonesia.

Harapannya, masyarakat akan mampu memperlakukan rupiah dengan pantas, misalnya dengan tidak melipat dan meremasnya hingga kusut.

Baca Juga: Viral Pecahan Uang Rp 100.000 Tahun 2021 Berbentuk Koin Dirilis, Bank Indonesia Buka Suara

Masyarakat juga diharapkan mampu memahami peran rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di wilayah RI, baik tunai maupun nontunai.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV/Kompas.id



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:27
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19