Kompas TV internasional kompas dunia

Sri Lanka Larang Bongkar Muat Pupuk Organik Terkontaminasi Bakteri Berbahaya Asal China

Minggu, 24 Oktober 2021 | 16:11 WIB
sri-lanka-larang-bongkar-muat-pupuk-organik-terkontaminasi-bakteri-berbahaya-asal-china
Pemetik teh di Sri Lanka, yang terkenal dengan Teh Ceylonnya. Sri Lanka melarang bongkar-muat sebuah kapal China yang membawa pupuk organik yang sangat dibutuhkan, karena menurut para ahli, pupuk tersebut telah tercemar bakteri berbahaya, kata para pejabat, Minggu (24/10/2021) seperti dilansir Straits Times. (Sumber: Straits Times)

KOLOMBO, KOMPAS.TV - Sri Lanka melarang bongkar-muat sebuah kapal China yang membawa pupuk organik yang sangat dibutuhkan, karena menurut para ahli, pupuk tersebut telah tercemar bakteri berbahaya.

Hal ini seperti disampaikan para pejabat setempat, Minggu (24/10/2021) seperti dilansir Straits Times. Dalam keterangannya, para pejabat tersebut menjelaskan, tindakan itu diambil saat Sri Lanka berupaya keras mengatasi kekurangan pangan yang disebabkan oleh krisis mata uang, sementara para petani mengatakan larangan pemerintah terhadap pupuk kimia dapat merusak tanaman mereka tahun ini.

Kantor Presiden Gotabaya Rajapaksa mengatakan kantor Layanan Karantina Tumbuhan Nasional menguji sampel dari kapal China yang tidak disebutkan namanya dan "memastikan keberadaan organisme, termasuk jenis bakteri berbahaya tertentu".

Pengadilan Tinggi Komersial kemudian melarang pembayaran apa pun ke Qingdao Seawin Biotech Group Co Ltd untuk 96.000 ton pupuk, sebuah pernyataan resmi menambahkan.

Pihak berwenang Sri Lanka menghentikan kesepakatan senilai 42 juta dollar bulan lalu, tetapi beberapa laporan mengatakan kargo tetap dikirim dan jatuh tempo di Kolombo. Lokasi kapal saat ini belum terungkap.

Otoritas Pelabuhan Sri Lanka mengatakan kementerian pertanian memerintahkan mereka pada Sabtu (23/10) untuk mencegah pembongkaran pupuk di pelabuhan mana pun dan untuk menolak kapal China yang membawa pupuk tersebut.

Baca Juga: Presiden Sri Lanka Copot Menkes yang Sarankan Minum Ramuan Penyihir untuk Lawan Covid-19

Batu safir besar senilai lebih dari Rp1,4 triliun ditemukan saat menggali sumur di belakang rumah di Ratnapura, Sri Lanka. (Sumber: BBC)

Sri Lanka awalnya memesan pupuk organik dari China sebagai bagian dari upayanya untuk menjadi negara pertanian organik 100 persen pertama di dunia.

Nutrisi tanaman organik dari Negeri Tirai Bambu itu dimaksudkan untuk menggantikan bahan kimia yang kini dilarang sejak musim tanam padi utama yang dimulai pada 15 Oktober.

Menyusul protes petani yang meluas bahwa pengabaian bahan kimia pertanian akan berdampak kritis terhadap hasil panen, pemerintah pekan lalu mencabut larangan pupuk kimia yang diberlakukan pada bulan Mei sebelumnya.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

Sumber : Straits Times



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:16
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19