Kompas TV regional berita daerah

Kota Semarang Siap Hadapi Musim Penghujan

Kompas.tv - 21 Oktober 2021, 12:34 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sejumlah upaya telah dilakukan oleh Pemkot Semarang untuk mengantisipasi musim penghujan. Selain telah menyiapkan delapan mesin pompa dengan kapasitas 35 ribu liter per detik di rumah pompa kali Semarang, perbaikan mesin pompa serta pembersihan sampah yang masuk ke rumah pompa sebanyak tiga kali dalam sehari.

Intensitas hujan Kota Semarang yang akhir-akhir ini mulai meningkat telah diantisipasi oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang. Selasa (19/10/2021) siang, petugas rumah pompa kali Semarang terlihat sedang melakukan pembersihan serta perawatan pada delapan mesin pompa yang berada di rumah pompa kali Semarang. Pembersihan sampah di rumah pompa dilakukan sebanyak tiga kali dalam sehari.

Selain itu, kondisi delapan mesin pompa yang memiliki kapasitas 5000 meter kubik perdetik juga selalu diperhatikan dan dicek kondisinya. Menurut Kepala UPTD Kali Semarang, Yoyok Wihartoko, kondisi mesin pompa berjalan dengan normal, sehingga diharapkan bisa mengatasi genangan air yang mungkin terjadi di wilayah Semarang Utara, Tengah dan Semarang Timur.

"Menghadapi musim penghujan yang akan datang, kita UPTD pompa tengah II sudah melakukan perbaikan pompa-pompa utama. Seperti pompa Kali Semarang, sudah kita lakukan perbaikan, sudah siap dan segera kita masukkan ke rumah pompa. Dan kita siap menghadapi musim penghujan, kemudian untuk pompa kota juga kita lakukan perbaikan dan cek rutin kondisi pompa maupun mesin gensetnya" kata Yoyok Wihartoko.

Dengan adanya perawatan secara berkala serta pembersihan sampah tersebut, diharapkan semua mesin di seluruh rumah  pompa dapat berfungsi dengan baik saat terjadi genangan air di wilayah utara, timur serta tengah Kota Semarang.

#kotasemarang #pemkotsemarang #rumahpompa



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x