Kompas TV regional berita daerah

Pencanangan Dua Desa Ramah Perempuan Dan Peduli Anak

Kompas.tv - 21 Oktober 2021, 10:40 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MINUT, KOMPAS.TV- Dua Desa di Kabupaten Minahasa Utara yakni desa Watutumou tiga dan Desa Talawaan  dijadikan  " Desa Model"  menuju desa ramah perempuan dan peduli anak atau DRPPA. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga menghadiri sekaligus mencanangkan  dua desa DRPPA yang dipusatkan di desa Watutumou tiga Kecamatan Kalawat.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga bersama Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, hadir dalam kegiatan pencanangan DRPPA yang dipusatkan di kantor hukum tua Desa Watutumou tiga.

Menteri Bintang Puspayoga mengatakan, untuk mewujudkan Desa ramah perempuan dan ramah anak, dibutuhkan komitmen dan kolaborasi yang kuat bersama Pemerintah Daerah hingga ke tingkatan aparat desa.

Lantaran, persoalan perempuan dan anak merupakan persoalan kompleks yang harus ditangani secara bersama mulai dari Pemerintah pusat dan daerah.

Desa ramah perempuan dan  peduli anak harus memenuhi sejumlah indikator , diantaranya  pengorganisasian perempuan dan anak di desa, desa memiliki data pilah yang memuat tentang perempuan dan anak, adanya kebijakan di desa yang mengatur implementasi  DRPPA, serta adanya pembiayaan dan keuangan desa dan pendayagunaan aset desa untuk mewujudkan  DRPPA melalui pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Pencanaangan dua desa model ramah perempuan dan peduli anak di Kabupaten Minahasa Utara ini diharapkan bisa diikuti oleh desa dan kelurahan yang lain di Provinsi Sulawesi Utara, sehingga aspek-aspek berkaitan dengan pemenuhan hak  dan peran perempuan akan semakin meluas di masyarakat.

#kompastvmanado #pemkabminut #drppa

Yannemieke Singal Kompas tv Minahasa Utara

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x