Kompas TV regional berita daerah

Robot Asisten Apoteker Ciptaan Siswa MAN

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:09 WIB

SOLO, KOMPAS.TV - Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Solo, Jawa Tengah, menciptakan robot asisten apoteker, yang cara kerjanya mirip seperti mesin jual otomatis. Tujuannya untuk meminimalisir kontak antara apoteker dan pembeli di tengah pandemi Covid-19.

Beda penyakit maka beda pula obatnya. Terbayangkan betapa beratnya tugas apoteker setiap melayani pembeli yang datang dengan keluhan penyakit yang berbeda. Untuk itulah De Pharmacist diciptakan.

Robot asisten apoteker ciptaan siswa MAN 1 Solo, Jawa Tengah, yakni Tiara Vania dan Mufti Muammarul Haq ini, mampu menggantikan tugas apoteker memberikan obat, sehingga tidak harus bertatap muka dengan pembeli.

Cara kerja robot asisten apoteker ini sederhana, pembeli cukup memasukkan kartu identitas ke dalam slot kartu sesuai dengan jenis obat yang diinginkan. Secara otomatis obat akan keluar dan bisa diambil oleh pembeli

"Apotek berfungsi sebagai tempat penyedia obat dan berperan penting dalam bidang kesehatan lainnya, namun hal tersebut bisa menyebabkan kerumunan di apotek. Hal itu terjadi karena terbatasnya jumlah apoteker dan banyaknya obat di apotek yang membuat kita memerlukan waktu yang lama untuk mencari obat yang dibutuhkan. Dari situ muncul ide untuk menciptakan sebuah alat yang membantu apoteker dalam memberikan obat kepada pasien secara cepat dan tepat," kata Tiara Vania.

Robot asisten apoteker ini menggunakan sistem yang sederhana, dilengkapi sensor dan motor penggerak. Bentuknya juga sederhana yakni kotak dengan tiga slot kartu serta dilengkapi nampan penerima obat. Dengan biaya produksi tidak sampai Rp 6 juta, diharapkan robot asisten apoteker ini bisa meminimalisasi kontak antara orang yang sakit dengan apoteker, terutama di masa pandemi Covid-19.

#solo #robotasisten #man1solo

Penulis : KompasTV Jateng

Sumber : Kompas TV Jateng



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:02
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19